Atalia: Kerabat Store Ruang Kreativitas Bagi UMKM Jabar

BANDUNG – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil mengatakan Dekranasda Jabar telah memiliki Kerabat Store (Kerajinan Jawa Barat Store) di Kota Bandung sebagai ruang kreativitas bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Jadi Kerabat Store ini diisi dengan beragam produk kreatif dari Jabar dan sudah dapat digunakan oleh pelaku UMKM sejak Januari 2020,” kata Atalia Kamil seusai menghadiri acara yang bertema usaha, entrepreneur, bisnis online dan logistik yang diadakan oleh JNE di Bandung, Senin (21/9).

Istri Gubernur Jabar M Ridwan Kamil atau Kang Emil ini menuturkan Dekranasda Jabar sejalan dengan JNE yang juga menyediakan ruang kreativitas bagi pelaku UMKM.

“Tentunya saya mengapresiasi ketika JNE juga perduli kepada UMKM, karena kita tidak bisa sendiri, permasalahan dari pelaku usaha sebetulnya selalu modal, bahan baku, termasuk juga tentang pendistribusian. Namun pelaku usaha tidak perlu khawatir karena ada JNE di dalamnya,” ujar Atalia.

Ia mengatakan UMKM menjadi sorotan karena ketangguhannya melewati masa pandemi COVID-19 dan bahkan turut membangkitkan perekonomian yang sempat terpuruk.

Atalia menuturkan Dekranasda Jabar mendukung berbagai hal bagi pengembangan pelaku UMKM namun di tengah pandemi saat ini dan program pengembangan UMKM tidak dapat dilakukan seperti biasanya dengan mengadakan pertemuan, acara pameran dan lain-lain.

Tapi hal tersebut tidak menjadi sebuah halangan karena UMKM dapat terus tumbuh dan berkembang melalui pemanfaatan teknologi di era digital.

“Kerajinan dan produk Jawa Barat perlu didukung dengan sepenuh hati, sehingga diperlukan kolaborasi antara pelaku usaha dan pemerintah, untuk mempromosikan produk unggulan Jawa Barat dan memajukan UKM,” kata Atalia.

Perempuan yang akrab dipanggil Ibu Cinta ini menuturkan berdasarkan data resmi pemerintah, banyak sektor yang tertekan di masa COVID-19 diantaranya restoran, hotel, dan penerbangan.

Namun ada sektor yang relatif stabil yakni logistik, peternakan, perikanan serta pertanian sementara sektor yang menanjak yakni makanan, alat kesehatan pribadi, vitamin dan alat olah raga.

Perkembangan UMKM ini harus terus didukung oleh berbagai pihak seperti pemerintahan maupun pihak swasta, seperti halnya yang JNE lakukan kali ini dengan menggelar sebuah acara yang menampilkan tayangan inspiratif “Cerita JONI” yang juga bisa disaksikan di kanal youtube JNE.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan