Aplikasi PIKOBAR Resmi Mengudara

Sementara lewat fitur Permohonan Logistik, tenaga medis atau rumah sakit bisa mengajukan logistik yang diperlukan. Ada juga fitur Lapor Kasus, fitur untuk melaporkan suspect COVID-19 baik diri sendiri maupun orang lain. Lewat FAQ, Anda bisa mengetahui jawaban dari kumpulan pertanyaan yang sering diajukan terkait COVID-19.

Aplikasi PIKOBAR sendiri dirancang dengan semangat open source untuk terus dikembangkan oleh komunitas IT. PIKOBAR dikembangkan atas kontribusi dari mitra komunitas Jabar Digital Service, antara lain relawan COVID-19, Asosiasi Cloud Computing Indonesia, BSSN, Kawal Covid-19, Prixa.ai, Kita Bisa, Jasnita, Karta.id dan Sociomile serta memanfaatkan informasi dari Jabar Saber Hoax dan Base Labs.

“Bagi komunitas IT silakan berkontribusi karena sifatnya open source. Mudah-mudahan tidak hanya di Jabar, tapi aplikasi ini hadir di provinsi lain,” ujar Kang Emil.

Adapun selain membuat portal informasi PIKOBAR, Pemprov Jabar terus melakukan mitigasi dan pencegahan COVID-19, antara lain melakukan rapid test, mengampanyekan sosial distancing, membuat surat edaran penyesuaian sistem kerja bagi ASN di lingkungan pemprov, disinfecting ruang publik, hingga menambah rumah sakit rujukan. (adv/drx)

FUNGSI APLIKASI PIKOBAR

1. Aplikasi dapat menghimpun aspirasi masyarakat
2. Mempermudah masyarakat untuk memberikan donasi dalam bentuk tunai dan logistik
3. Masyarakat juga bisa melakukan diagnosa mandiri terkait gejala-gejala yang dialami
4. Berfungsi menjadi relawan COVID-19 dengan fitur Daftar Relawan
5. Memiliki fitur Lapor Kasus, fitur untuk melaporkan suspect COVID-19
6. Lewat FAQ, Anda bisa mengetahui jawaban dari kumpulan pertanyaan yang sering diajukan terkait COVID-19.
7. Aplikasi PIKOBAR dirancang dengan semangat open source
8. Memiliki fungsi memanfaatkan informasi dari Jabar Saber Hoax dan Base Labs.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan