Anggaran Naik Rp 100 M

BANDUNG– Anggaran infrastruktur di tahun ini yang dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung naik Rp 100 miliar. Untuk diketahui, tahun lalu anggaran yang dikelola DPU hanya Rp 380 miliar dan naik signifikan di tahun ini menjadi Rp 480 miliar.

“Tahun ini kami (DPU) mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 480 miliar yang naik Rp 100  miliar dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp 380 miliar,” kata Kepala DPU Kota Bandung, Didi Riswandi dijumpai di Kolam Retensi Gedebage, Senin (13/1).

Anggaran tersebut, kata Didi, akan dialokasikan ke beberapa proyek DPU. Di antaranya untuk penambahan jalan, drainase, sumber daya air (SDA) dan jembatan penyeberangan orang (JPO).

“Anggaran ini akan diprioritaskan secara merata, akan ada penambahan jalan, begitu juga dengan drainase, SDA dan JPO. Itu semua untuk menata infrastruktur di Kota Bandung lebih baik dan nyaman bagi warga,” katanya.

Didi mencontohkan, untuk penambahan jalan akan dilakukan di Jalan Pajajaran yang tembus ke Jalan dr Djunjunan yang belum bisa dieksekusi tahun lalu. Tahun ini, ditargetkan bisa dieksekusi lantaran anggaran sudah memadai.

Selain itu, anggaran tersebut diharapkan bisa menutupi beberapa proyek gagal di tahun lalu yaitu pembangunan kolam rentensi di Pasar Gedebage karena berstatus kontraktual. “Pembangunan kolam retensi di pasar gedebage karena kontraktual jadi masih berusaha dilelangkan,” terangnya.

Menurut Didi, alasan proyek kolam retensi tersebut gagal, karena masih mengalami hambatan berbenturan dengan rumah warga. Namun, Didi optimistis di 2020 pembangunan tersebut segera rampung dan melanjutkan pelelangan.

“Minimal kalau sekarang gagal lelang, akan dilelang lagi karena kesempatannya masih panjang, kalau kemarin di bulan November 2019, begitu gagal lelang maka tidak bisa lanjut lagi karena waktunya tidak cukup,” ungkapnya.

Di sisi lain, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana kembali menambah kolam retensi di Kecamatan Gedebage. Kali ini, sebuah kolam penampungan air sementara bakal dibuat dekat Komplek Bandung Inten Kelurahan Derwati dalam waktu dekat ini.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana langsung meninjau langsung ke lokasi guna memastikan kesiapan lahan yang akan digunakan kolam retensi. Bahkan, dia juga menjelajahi beberapa lokasi di Kecamatan Gedebage.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan