Ancam Sanksi Tempat Usaha Tak Patuhi Protokol Kesehatan

CIANJUR – Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetya­dhi mengungkapkan bahwa badan usaha sep­erti toko, tempat makan, dan lainnya yang tidak menyediakan fasilitas kesehatan akan ditindak tegas. Ia juga mengimbau agar pengunjung dan pegawai harus memakai masker.

“Badan usaha, badan us­aha itu toko, tempat makan tidak punya fasilitas, tidak punya tempat cuci tangan dan hansanitizer sanksinya berupa teguran terertulis, masih sanksi ringan, karena tahapanya kan masih sanksi ringan, nati naik lagi, naik lagi,” kata dia kepada Warta­wan, di Mapaolres Cianjur, kemarin (10/9).

Ia menegaskan, jika mis­alkan masih membandel tidak mematuhi protokoler kesehatan akan ditindak te­gas. Ia menuturkan, tempat usaha haruslah menyediakan tempat cuci tangan, hansani­tizer, serta para pemilik dan pengunjung harus memakai masker.

“Pemilik, pengunjung, pen­jaga, pegawai harus pakai masker, ada sekat dan peng­aturan jarak,” tegasnya.

Selain itu, terkait pemilu, ia melanjutkan, penerapan protokol kesehatan juga akan dibidik karena tidak boleh melakukan kerumunan. Sem­mentara itu, dari hasil razia yang gencar dilakukan Satpol PP, kebanyakan pelanggar yang tidak memakai masker adalah kaum milenial.

“Yang bannyak milenial yang tidak pakai masker dengan alasan lupa. Terus mobilisasi milenial kan lebih banyak dari pada orangtua, anak-anak kan belum se­kolah, orangtua paling ke pasar. Nah anak muda ini ya jalan jalan, ya wisata, ke toko, banyak aktivitasnya, banyak yang melanggar. Per hari rentangnya 70-200 pelang­gar,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau dalam berbagai tahapan pilkada, harus mengutamakan pro­tokol kesehatan, serta harus menjadi pedoman utama dalam penyelenggaraan pilkada ini.

“Yang jelas imbauan dari Forkopimda juga sudah jelas. Pilkada kita kan sehat dan demokratis, artinya keseha­tan dan keselamatan yang paling utama, yang jelas pro­tokol covid harus menjadi pedoman utama dalam pe­nyeleenggaraan pilkada ini,” pungkasnya.(job3/sri)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan