Akibat Cuaca Ekstrem, Ada Lima Titik Jaringan Listrik Rusak

CIMAHI – Akibat Cuaca ekstrem terdapat lima titik jaringan listrik yang mengalami kerusakan. Titik kerusakan jaringan listrik itu tersebar di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB), yakni di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga dimana ada tiang listrik roboh akibat terbawa tanah longsor.

Di Desa Cijambu, Kecamatan Cipongkor satu unit tiang listrik patah akibat tertimpa pohon besar. Kemudian tiga jaringan tertimpa pohon di Cipatat satu unit dan di Kecamatan Gununghalu dua unit.

“Ada 5 kejadian pohon tumbang mengakibatkan tiang patah karena cuaca ekstrem. Semua di wilayah KBB,” terang Manajer Bagian Jaringan PLN UP 3 Cimahi, Pilih Kondang Paramarta saat ditemui di Kantor PLN UP3 Cimahi, Jalan Jenderal Amir Machmud, Rabu (19/2).

Dari lima kejadian, dua titik di antaranya mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga harus dilakukan penggantian tiang.

“Dampaknya, ya menyebabkan listrik padam kemarin di beberapa lokasi,” ujar Kondang.

Menurutnya, untuk penanganannya tergantung kadar kerusakannya. Jika kondisinya berat seperti harus dilakukan pergantian tiang biar diperkirakan membutuhkan waktu sehari.

“Terberat bisa seharian untuk perbaikan karena kita masang tiang baru lagi. Kalau kejadian kemarin, ada 2 yang harus kita ganti.Yang 1 itu yang kena longsor dan 1 kena pohon besar,” ungkapnya.

Kondang menambahkan, pihaknya tetap memprioritaskan listrik menyala kepada pelanggan. Dikatakannya, pihaknya memiliki komitmen dalam waktu maksimal tiga jam listrik bisa kembali menyala pasca terjadi gangguan.

“Pada saat terjadi gangguan, kita utamakan listrik nyala dulu ke masyarakat. Kita manuver dari jaringan lain,” tegasnya. (mg4/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan