5 Pedagang Positif Covid-19, Gugus Tugas Tutup Dua Pasar di Kota Bandung

BANDUNG – Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung bersama Gugus Tugas Kewilayahan Kecamatan Andir melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Cimindi dan Batas Kota pada Senin (6/7). Kedua pasar ini juga akan ditutup hingga Rabu (8/7).

Penutupan tersebut dilakukan karena adanya empat pedagang di Pasar Cimindi dan satu pedagang di Pasar Batas Kota yang dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan swab test. Hal ini diungkapkan langsung oleh Sekertaris Camat Andir, Uba Rinaldi.

[ihc-hide-content ihc_mb_type=”show” ihc_mb_who=”4,3″ ihc_mb_template=”1″ ]

”Untuk di pasar Cimindi ada empat orang yang positif sementara pasar Batas Kota ada satu orang yang positif,” ujar Uba saat ditemui di sela-sela penutupan Pasar Cimindi, Senin (6/7).

Lebih lanjut Uba mengatakan sejauh ini total pedagang yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 berjumlah lima orang. Penutupan yang dilakukan selama tiga hari kedepan ini juga akan diawasi oleh aparat kewilayahan.

”Kenapa tiga hari, itu hasil dari konsultasi dengan gugus tugas kota, dengan melihat aspek kesehatan dan perekonomian,” kata Uba.

Berdasarkan penuturan Uba, saat ini kelima pedagang yang positif tersebut tengah diisolasi. Ada yang disolasi secara mandiri dan ada pula yang diisolasi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) yang ditangani langsung oleh Gugus Tugas Pemkot Bandung.

”Lima orang tersebut, masuk kategori tanpa gejala. Setelah dari hasil rapid tes, dinyatakan reaktif. Kelimanya langsung menjalani isolasi sambil menunggu hasil swab. Dari hasil swab mereka baru dinyatakan‎ positif,” ungkapnya.

Senada dengan pernyataan Uba, Kepala Kelurahan Cempaka, Asep Aceng membenarkan adanya pedagang yang positif Covid-19. Lebih lanjut dia menuturkan empat pedagang di pasar Cimindi berasal dari Kota Cimahi dan Bandung.

”Dua (orang) dikembalikan ke kota Cimahi. Nah yang dua lagi, satu sudah diisolasi dan yang satu lagi mandiri,” tuturnya.

Lebih lanjut Asep mengatakan penyemprotan disinfektan ini juga bekerjasama dengan UPT Puskesmas Garuda, Pemadam Kebakaran, dan Kepolisian.

Asep mengaku pihaknya juga akan memasang spanduk sebagai bentuk himbauan baik bagi pedagang maupun pengunjung agar bisa menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama melakukan aktivitas di pasar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan