3 Kecamatan Masuk Zona Merah DBD

SOREANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung menyebutkan saat ini di ada tiga kecamatan yang masuk zona merah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Ketiganya adalah Kecamatan Majalaya, Kecamatan Paseh dan Kecamatan Ibun.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Grace Mediana Purnami mengatakan, selain zona merah ada juga beberapa wilayah yang memiliki angka kasus cukup tinggi.

“Tidak hanya zona merah, kami juga fokus pada daerah yang memiliki angka kasus yang cukup tinggi, seperti Kecamatan Pameungpeuk, Baleendah, Bojongsoang, Ciparay, Arjasari, Banjaran dan Cimaung,” kata Grace, melalui siaran tertulisnya yang diterima Jabar Ekspres, Rabu (22/7).

Grace mengungkapkan, guna menekan angka kesakitan, pihaknya bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) serta Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) akan terus berupaya mensosialisasikan pencegahan DBD, seperti dengan Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik (G1R1J).

”Dalam G1R1J, yang menjadi jumantik adalah anggota keluarga sendiri. Program ini cukup efektif dalam menekan kasus DBD. Alhamdulillah, sebanyak 35 desa di Kabupaten Bandung telah dinobatkan sebagai desa G1R1J,” ungkap Grace.

Tak hanya sosialisasi dan pembentukan G1R1J, lanjutnya, dari Januari hingga Juli, dirinya juga telah melakukan fogging di 112 RW.

”Sebenarnya, fogging kurang efektif untuk membunuh jentik. Fogging hanya untuk memberantas nyamuk dewasa, itupun harus ada KDRS (Kewaspadaan Dini Rumah Sakit). Setelah ada KDRS baru kita melaksanakan PE (Penyelidikan Epidemiologi), untuk memastikan apakah benar di daerah tersebut endemis DBD,” terangnya.

Untuk itu, dia kerap mengajak masyarakat untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serta jentik dengan melakukan 3M plus, selama satu minggu sekali.

”Masyarakat bisa menguras atau membersihkan tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air dan mendaur ulang barang yang berpotensi menjadi tempat berkembangbiak nyamuk. Sementara plus-nya, masyarakat dapat menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan,” paparnya.

Kendati masih ada daerah yang masuk zona merah dan beberapa daerah memiliki angka kasus yang tinggi, namun Grace mengklaim, secara keseluruhan kasus DBD di Kabupaten Bandung menurun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan