23 Pekerja Asal China di Bandung Bebas Virus Corona

BANDUNG – Dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap puluhan warga negara asing (WNA) asal Cina yang bekerja di Bandung dan sekitarnya pekan lalu. Sidak dilakukan Disnaker bekerjasama dengan Dinas Kesehatan.

Kepala Disnaker Kota Bandung Arief Syaifudin mengungkapkan pihaknya telah mendatangi 18 perusahaan yang di dalamnya terdapat pekerja asal China sebanyak 44 orang. Menurutnya, setelah dilakukan pemeriksaan tidak terdapat pekerja asal Cina yang terpapar virus Corona.

”Hasil kesimpulan belum ada tenaga kerja asing (TKA) asal Cina terkena virus Corona,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (3/2).

Dia mengatakan dari 44 orang yang didatangi, lima orang di antaranya habis masa kerja dan sudah kembali ke Cina sebelum wabah virus Corona terjadi. Sebanyak 16 TKA lainnya masih berada di Cina dan belum bekerja di Bandung sebab tertahan karena penyebaran kasus virus Corona. Mereka pulang ke Cina untuk merayakan Imlek. Arief menambahkan, 23 orang pekerja lainnya beraktivitas seperti biasa dan dalam kondisi sehat. Mereka tidak pulang ke Cina sebelum dan sesudah wabah virus Corona terjadi yang menyebar ke berbagai negara.

”Saran dari kami ke perusahaan untuk memperhatikan TKA asal China dan kalaupun ada yang datang harus dilakukan medical check up khususnya yang pernah ke Cina,” tutupnya. (bbs/ziz)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan