2 Tahun Bandung-Bogota

HUBUNGAN diplomatik Republik Indonesia-Kolombia secara resmi dimulai sejak tanggal 15 September 1980 melalui penandatanganan Joint Communique di Jenewa oleh Watap RI, Atmono Suryo dan Duta Besar Kolombia untuk Roma, Mr. Jaramillo. Dan kedatangan Duta Besar RI pertama, Dubes Trenggono pada tanggal 26 Mei 1989.

Kolombia adalah negara ke-empat terbesar di Amerika Latin (setelah Brasil, Argentina, dan Peru). Di Amerika Latin negara ini juga negara ketiga untuk jumlah populasi setelah Brasil dan Meksiko. Kolombia juga merupakan satu-satunya negara di kawasan benua Amerika Selatan yang memiliki garis pantai di laut Pasifik dan laut Karibia. Beberapa hubungan bilateral antara Indonesia dengan Kolombia diantaranya: Forum for East Asia-Latin America Cooperation (FEALAC) dan Pacific Alliance (PA) Indonesia sebagai member associate.

FEALAC adalah satu-satunya kerja sama inter regional yang menghubungkan 16 negara Asia Timur dan 20 negara Amerika Latin yang mewakili 33,5% daratan dunia dan lebih dari 1/3 GDP dunia dan perdagangan dunia (Masni Eriza, Direktur Kerja sama Intra dan Antar Kawasan Amerika Eropa Kemlu RI).

Indonesia dan Kolombia menjadi Ketua FEALAC pada tahun 2011-2013. Di dalam keketuaan ini lahirlah deklarasi Uluwatu 2013 yang mana deklarasi ini masih sering dirujuk atau menjadi acuan diberbagai agenda FEALAC. Selain Deklarasi Uluwatu Indonesia berhasil menyelenggarakan Indonesia FEALAC Youth Conference (IFYC) pada tahun 2015 di Kota Bandung. Setelah sukses melaksanakan IFYC, FEALAC mendirikan pusat pemuda FEALAC di Bandung.

FEALAC Youth Center (FYC) pusat pemuda FEALAC yang diresmikan pada 19 Januari 2018 sebagai pusat pemuda tiga puluh enam negara berdiri dan diresmikan di Bandung, Kota Bandung  Selain ibu kota Asia-Afrika sekarang Kota Bandung mempunyai pusat pemuda dua benua.

Pusat pemuda ini, Kolombia mempunyai kontribusi dengan menandatangkan seniman muda Kolombia Ledania untuk berkarya di FYC dengan seni muralnya yang terkenal. Mural tersebut diresmikan bersama Plt Walikota Bandung, pejabat Kementerian Luar Negeri dan pejabat Kedutaan Besar Kolombia  pada hari jumat tanggal 7 September 2018.

Tidak hanya sebagai implementasi dalam interaksi masyarakat (people to people contact), momen ini juga sebagai lambang eratnya hubungan kedua negara baik dibidang pemuda maupun  seni dan kebudayaan. Mural karya Ledania bertemakan Bhineka Tunggal Ika, yang menjadi semboyan bangsa kita.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan