11 Tahun Jadi Pelatih, Guardiola Raih 29 Trofi

JAKARTA – Kolektor trofi. Itulah Pep Guardiola. Dalam 11 tahun karir sebagai pelatih, sudah 29 piala yang dihasilkan. Terbaru, tactician asal Spa­nyol itu menambah koleksinya dari juara Carabao Cup atau Piala Liga Inggris setelah membawa Manchester City menang 2-1 atas Aston Villa.

Ya, bermain di Wembley, City unggul melalui gol Sergio Aguero (20’) dan Rodri (30’). Aston Villa membalas satu gol melalui Mbwana Samatta (41’). Bagi City, ini adalah kali ketiga beruntun mereka menjuarai Piala Liga Inggris atau menjadi trofi kedelapan Guardiola bersama City.

Selain tiga kali juara Piala Liga Inggris, pelatih kelahiran Katalunya itu telah dua kali juara Premier League, satu Community Shield, dan satu Piala FA. ”Tiga kali beruntun itu adalah sebuah kesuksesan besar,” ujar Guardiola seba­gaimana dikutip BBC.

”Ini mengagumkan. Kami kesulitan di menit-menit awal dan menit-menit terakhir. Mereka memiliki dua peluang bagus di menit-menit awal tetapi kami bermain dengan sangat baik, terutama di babak kedua,” lanjut mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muen­chen itu.

Trofi terbanyak diraih Guar­diola adalah saat melatih Bar­celona dengan 14 trofi terma­suk tiga gelar La Liga, dua Copa del Rey, dan tiga Liga Champions. Kemudian tujuh bersama Bayern, termasuk tiga Bundesliga dan dua Piala DFB. Saat ini, Guardiola menge­jar trofi Liga Champions ber­sama City. (jpc/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan