100 Relawan Bakal Disuntik Vaksin Sinovac Pekan Ini

BANDUNG – Sebanyak 100 relawan ditargetkan untuk disuntik vaksin Covid-19 pekan ini. Relawan tersebut sebelumnya sudah dinyatakan memenuhi syarat oleh Tim Peneliti uji kinis vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.

”Jumat (14/8), 100 orang (target relawan),” ujar Manajer Penelitian Uji Klinis Vaksin Covid-19, Eddy Fadlyan saat dihubungi, Rabu (12/8).

Berdasarkan penuturan Eddy, sebelumnya sebanyak 19 relawan telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan serta telah melalui uji usap dan disuntik vaksin di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad pada Selasa (11/8).

Adapun jumlah relawan keseluruhan yang tercatat hingga Rabu (12/8) sudah mencapai 1.309 orang. Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Tim Penelitian Uji Klinis Vaksin Covi-19, Rodman Tarigan.

Lebih lanjut Rodman mengatakan 19 orang yang sebelumnya telah disuntik vaksin dilakukan berdasarkan jumlah sumber daya peneliti agar memudahkan pemberian imunisasi di masing-masing tempat uji klinis.

”19 orang sudah diperhitungkan dengan SDM peneliti dan untuk memudahkan pemmberian imunisasi di masing-masing site,” paparnya.

Rodman mengatakan ke 19 relawan tersebut telah melalui tahapan uji usap dan diperiksa darahnya. Sementara itu, di lima tempat penelitian lainnya dilakukan uji usap.

Sebagaimana diketahui, uji klinis vaksin Sinovac ini dilakukan di enam tempat yang berbeda. Antara lain RSP Unpad, Kampus Unpad Dipatiukur, Puskesmas Sukapakir, Puskesmas Ciumbuleuit, Puskesmas Garuda, dan Puskesmas Dago.

Pendaftaran bagi relawan akan dibuka hingga 31 Agustus mendatang. Syarat bagi relawan antara lain berusia 18-59 tahun, tidak terpapar Covid-19, serta tidak bepergian ke luar kota sejak mengikuti uji klinis lain. Para relawan juga akan mendapatkan dana pengganti transportasi serta asuransi kesehatan selama penelitian berlangsung enam bulan kedepan.(mg7/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan