1 Warga Cimahi Positif Terpapar Virus Korona Tanpa Gejala Klinis

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mengumumkan satu warganya dinyatakan positif terpapar Corona Virus Disease (Covid-19). Pasien tersebut melakukan karantina mandiri di rumahnya dengan pemantauan langsung Dinas Kesehatan, yang telah berjalan selama dua hari.

“Betul saya informasikan bahwa 1 orang warga Kota Cimahi saat ini berstatus positif Covid-19. Yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di rumahnya,” kata Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna saat ditemui usai penyemprotan disinfektan di Pura Wira Lokanatha Cimahi, Jalan Sriwijaya, Minggu (22/3/2020).

Dengan adanya pasien positif Covid-19 di Kota Cimahi, Ajay mengatakan, pihaknya segera mempertimbangkan peningkatan status siaga Covid-19 dan melarang adanya perkumpulan masa.

“Kalau sebelumnya masih ada perkumpulan massa, saat ini kami larang ada aktivitas masa lebih dari 10 orang,” bebernya.

Ajay juga meminta agar masyarakat Kota Cimahi mulai menerapkan social distancing dan tidak menganggap remeh persebaran Covid-19. “Kalau tidak urgen keluar rumah, lebih baik diam di rumah. Jangan bepergian dan liburan,” tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi menambahkan, pasien tersebut saat ini mengisolasi diri sendiri di rumahnya. Selain itu, keluarganya yang saat ini masuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) turut diisolasi.

“Pihak kecamatan dan kelurahan sudah tahu dan melakukan pemantauan jarak jauh juga,” ujar Pratiwi.

Pasien tersebut tidak dirujuk ke rumah sakit sebab tidak sakit dan mengalami gejala klinis. Namun berdasarkan uji laboratorium, dalam darahnya ada kandungan Covid-19.

“Dia itu sehat, tidak mengalami gejala klinis Covid-19. Tapi di dalam darahnya positif Covid-19. Jadi kita awasi kondisi kesehatannya melalui telepon. Saat ini baru dua hari pengawasannya” terangnya.

Pasien positif Covid-19 pertama di Kota Cimahi itu, kata Pratiwi, terpapar setelah melakukan kontak dengan orang yang baru saja pulang dari luar negeri. Setelah kontak tersebut, yang bersangkutan langsung melapor ke Dinas Kesehatan Kota Cimahi.

“Kontak dengan orang yang ada riwayat perjalanan ke luar negeri. Meskipun dia diisolasi di rumah, tapi kita lakukan penelusuran juga, termasuk lingkungannya saat ini,” jelasnya.

Pihak keluarga dan orang terdekat yang sempat melakukan kontak dengan pasien positif tersebut akan dilakukan rapid tes oleh Dinas Kesehatan Kota Cimahi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan