Yamaha Siap Lahirkan Teknisi Handal Melalui Program “YES”

BANDUNG– Demi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menyelenggarakan program training untuk generasi muda, agar mempunyai skill atau kemampuan yang bisa diandalkan.

Program training ini diberi nama Yamaha Engineering School (YES) yang merupakan pendidikan bebas biaya. YES tahun ini, memasuki angkatan XIII untuk area Jawa Barat.

Hal tersebut dikatakan Koordinator After Sales DDS II, Doddy Nur Susanto, pada acara pembukaan program YES – XIII, 2019

di Education Room Yamaha DDS II Jalan Soekarno Hatta No. 474, (19/7),  Bandung.

Menurutnya, tujuan training ini, Yamaha memberikan pendidikan teknis secara cuma-cuma kepada lulusan SMK yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi. Lulusan tersebut pun memiliki motivasi lebih tentang dunia otomotif.

Lewat pendidikan dan pelatihan YES, peserta diharapkan menjadi tenaga teknisi sepeda motor yang andal. Selain itu, peserta akan dibekali ilmu kewirausahaan di bidang perbengkelan sehingga mereka bisa bekerja atau mandiri menjadi pengusaha.

“Siswa yang mengikuti YES akan menempuh pendidikan kurang lebih 4 atau 5  bulan, sehingga lulus YES menjadi teknis handal di lapangan atau bisa menjadi enterpreneur baru di dunia otomotif,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan, untuk YES area Jawa Barat, ini berjumlah 24 peserta. Sebelum memasuki tahap training, peserta harus mengikuti beberapa seleksi dan test yang  meliputi pengetahuan teknik dasar otomotif, psichotest, test buta warna, kesehatan dan yang terakhir interview agar  bisa mengikuti training.

“Dari 470 peserta yang mendaftar yang lolos tes hanya 24 peserta dari wilayah Jawa Barat dan dari 24 peserta ada dua perempuan, hal ini menjadi pertimbangan karena lulusan YES terbaik dapat diterima oleh Yamaha karena kualifikasi teknisi sesuai yang dibutuhkan oleh Yamaha,” jelasnya

Dirinya menambahkan, pada YES kali ini para peserta bukan hanya dibekali pembelajaran  30 % teori dan 70% praktik, termasuk On Job Training di bengkel resmi Yamaha saja. Tetapi para peserta akan dibekali perihal komunikasi

konsumen kelas premium. “Tahun ini kami memberi training bagaimana berkomunikasi dengan premium class,” tambahnya.

Selain itu, Doddy berharap dengan adanya program YES ini di Jawa Barat dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkat kualitas SDM. Serta mudahkan kebutuhan teknis di bengkal resmi Yamaha.

Tinggalkan Balasan