Wujudkan Tahun 2020 Bebas Sampah

SOREANG – Sebagai bentuk dukungan terhadap Program Citarum Harum, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung meluncurkan Gerakan Sabilu­lungan Pengurangan Kantong Plastik serentak di 400 ritel (pasar modern) di seluruh wi­layah Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, secara resmi me­luncurkan gerakan tersebut di titik ritel utama Borma Rencong Kecamatan Baleen­dah. Gerakan tersebut juga dilakukan dalam rangka mewu­judkan Program Kabupaten Bandung Bersih Sampah 2020.

“Kampanye pengurangan peng­gunaan kantong plastik ini terus kita sosialisasikan, agar masy­arakat ketika berbelanja itu membawa kantong belanjanya sendiri dan tidak menggunakan kantong plastik,” Kata Dadang saat ditemui disela-sela kegiatan di Baleendah rabu(20/2).

Menurut Dadang, kampanye ini, merupakan salah satu implementasi dari Instruksi Bupati Bandung Nomor 4 Tahun 2018, tentang Gerakan Sabilulungan Pengurangan Penggunaan Plastik di Kabu­paten Bandung. Oleh karena itu, pihak pengelola ritel di­harapkan mengedukasi kon­sumen untuk membawa tas belanjanya sendiri dari rumah.

“Secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Bandung. Borma, Yomart, Transmart, Yogya, Super Indo, Indomaret, Alfamart, ini semuanya men­dukung pengurangan plastik, dengan menyediakan tas be­lanja pengganti plastik. Hari ini dibagikan gratis, tapi ke depannya berbayar,” katanya.

Gerakan tersebut adalah sebagai upaya mengurangi beban sampah yang tidak bisa terurai. Dirinya juga mengimbau agar masyarakat memiliki rasa tanggungjawab terhadap lingkungan.

“Gerakan ini akan terus di­sosialisasikan. Sampai saat ini sudah ada tindakan pada pe­langgar, namun masih dalam konteks tindak pidana ringan (tipiring). Ke depan, sanksinya akan ditingkatkan,” tegasnya.

Setelah pasar modern, berikut­nya gerakan yang sama akan masuk ke pasar tradisional. Jika gerakan ini secara kolosal dila­kukan, Dia meyakini pengu­rangan penggunaan kantong plastik akan sangat terasa.

“Dukungan CSR dari pasar modern ini dengan membuat kantong-kantongnya sendiri. Nanti kita masuk ke pasar tra­disional. Jika semua sudah bergerak, saya rasa pengurang­an kantong plastik akan sangat signifikan,” paparnya.

Sementara di titik ritel uta­ma lainnya, Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan juga turut mengkampanyekan gerakan tersebut, tepatnya di Super Indo Desa Sayati Ke­camatan Margahayu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan