Wisatawan Diprediksi Capai Ratusan Ribu Orang

BANDUNG– Menyambut pergantian tahun, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, optimistis kunjungan wisatawan akan meningkat tinggi.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata pada Disbudpar Kota Bandung, Nanang Sodikin memprediksi, kunjungan wisatawan ke Kota Bandung mencapai ratusan ribu orang saat pergantian tahun baru nanti.

“Saya tetap optimis wisatawan bisa mencapai 100 hingga 200 ribuan orang pada saat tahun baru ini. Karena Kota Bandung kaya dengan tempat-tempat wisata yang setiap tahunnya memang begitu,” kata Nanang, kepada Jabar Ekspres, Rabu (18/12).

Di sisi lain, Nanang mengakui, jika peralihan penerbangan domestik Bandara Husein Sastranegara ke Bandara International Jawa Barat (BIJB) atau Kertajati sangat berdampak terhadap berkurangnya wisatawan ke Kota Bandung.

Akan tetapi, pada saat tahun baru dia, optimis wisatawan tetap meningkat lantaran Bandung ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata.

“Kalau di hari-hari normal, memang wisatawan kita berkurang setelah bandara Bandung dipindah ke Majalengka. Tapi kami yakin dan mudah-mudahan jelang Natal dan tahun baru ini bisa bertambah,” harapnya.

Nanang mengungkapkan, kunjungan wisatawan ke Kota Bandung melorot hingga 60 persen pasca perpindahan Bandara tersebut.

“Sebenarnya tidak hanya di Kota Bandung, daerah-daerah lainnya juga berkurang. Rata-rata berkurang 20 persen tapi di Bandung mencapai hingga 60 persen,” ungkapnya.

Lebih jauh dia memaparkan, jika mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung meningkat antara 60 hingga 100 persen.

“Jika dijumlahkan sekira 200 ribu hingga 300 ribu kunjungan pada saat tahun baru. Tahun ini kami berharap hal yang sama,” harapnya lagi.

Pihaknya kata dia, sudah menyiapkan strategi untuk mendata jumlah wisatawan yang akan berkunjung Kota Bandung.

“Seperti perhotelan dan tempat-tempat perayaan tahun baru nanti kami akan melakukan pengawasan dan pendataan,” pungkasnya. (mg5/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan