Wildan dan Partini Jadi Duta Bahasa Pelajar Jabar 2019

Kegiatan Pemilihan Dubas Pelajar Jabar 2019 merupakan ajang pemilihan yang ke-9, sejak diadakan pertama kali pada tahun 2011. Sariah, Ketua Panitia Pemilihan Dubas Pelajar Jabar 2019, mengatakan bahwa tujuan pemilihan dubas pelajar di antaranya adalah untuk mencari tunas muda yang dapat memengaruhi masyarakat agar menggunakan bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing secara proporsional. Selain itu, ajang ini diharapkan dapat membangkitkan dan meningkatkan kesadaran generasi muda dalam mencintai bahasa Indonesia dengan keragaman bahasa daerah sebagai aset bangsa.

”Kegiatan ini juga diadakan untuk menguatkan dan meningkatkan budaya literasi di kalangan generasi muda,” kata Sariah.

Menurut Sariah, pemenang duta bahasa pelajar Jabar 2019 telah melalui beberapa tahap seleksi yang sangat ketat dalam tiga tahap. Jumlah  peserta yang mengikuti seleksi Dubas Pelajar Jabar 2019 sebanyak 684 siswa yang berasal dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Peserta yang lolos dari seleksi penulisan esai kebahasaan di tahap I sebanyak 150 orang. Selanjutnya, dalam seleksi tahap II terpilih 40 peserta yang lolos ke babak final setelah melalui tes UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia), UKBA (Uji Kemahiran Berbahasa Asing), menulis esai tiga bahasa dan wawancara.

”Sebelum melakukan presentasi di babak final yang merupakan seleksi tahap terakhir, keempat puluh peserta terbaik juga sudah mengikuti pembekalan bahasa di Balai Bahasa Jabar dan “Malam Bakat” di Saung Angklung Udjo”, kata Sariah. (DS)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan