Wejaplo Diharapkan Bisa Jadi Pilot Project Pasar Internasional Kopi Preanger

”Dengan langkah ini kita angkat pameran kopi ditar­getkan ke pasar internasion­al via negara-negara dari lima kawasan ini karena ada be­berapa negara kita undang,” tuturnya.

Salahsatu caranya ialah melalui Wejaplo ini, Unpad, menurutnya berdiri di Jawa Barat harus mencintai Jabar termasuk produk hasil perkebunan kopi.

Sedangkan Ketua Pelaksana Hubungan Internasional Fisipol Unpad Angakatan 2016, Kevin Alfaizi mengatakan, salahsatu tujuan Wejaplo ini ialah memberitahukan kepada masyarakat bahwa mahasiswa HI itu tidak selamanya belajar diplomasi sebagai tertanam dalam paradigma masyarakat luas selama ini, tetapi Wejaplo juga bisa mengabdi pada masyarakat.

”Kita juga ingin petani kopi dan komoditi lainnya memi­liki pasar internasional, hanya saja saat ini kita fokus pada komoditi kopi dulu,” kata Kevin.

Selain mencari pasar inter­nasional, menurutnya, Weja­plo juga bagian dari mata kuliah praktekum bagi ang­katannya yang menentukan penilain selama belajar di Unpad, oleh karena itu kes­uksesan mereka diukur ber­diplomasi dengan duta besar negara lain.

”Sudah ada beberapa nega­ra yang menyanggupi hadir seperti Meksiko, Jordania, Malaysia dan Singapura. Ka­mi berharap mahasiswa HI Fisipol Unpad dapat meme­cahkan kebuntuan kesejah­teraan petani kopi selama ini, sebagian caranya ialah meli­batkan pemerintah daerah,” pungkasnya.(mg2/ziz)

Tinggalkan Balasan