Waspada! Lokasi Gempa Selatan Jawa Barat di Zona Megathrust

Jabarekspres.com – Gempa bumi 5,4 SR di selatan Jawa Barat (Jabar) pada Selasa (8/1) pukul 16.54 WIB disebabkan aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup di bawah Lempeng Eurasia di zona megathrust bagian bawah.

Informasi dari Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Selasa, episenter gempa terletak pada koordinat 7,83 Lintang Selatan dan 106,44 Bujur Timur.

Tempatnya berlokasi di laut pada jarak 93 kilometer arah selatan kota Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat pada kedalaman 50 kilometer.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault).

Guncangan gempa dilaporkan dirasakan di daerah Pelabuhan Ratu dan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dalam skala intensitas III MMI.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami dan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.(ant/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan