Warga Cireundeu Bertahan tanpa Mengonsumsi Nasi dari Beras

Beras singkong tetap jadi pilihan warga Kampung Cireundeu meski tak ada aturan adat yang mewajibkan. Mengenyangkan dan menyehatkan.

ANISATUL UMAH, Cimahi

Warga Cireundeu Bertahan tanpa Mengonsumsi Nasi dari Beras

Neneng Suminar, 37, menunjukkan beras singkong yang sudah dimasak . (Anisatul Umah/Jawa Pos)

DARI ujung centong, Jawa Pos mencuil rasi yang disodorkan Sopiah itu. Lalu mencoba mengunyahnya. “Enak?” tanya Sopiah di Balai Adat Kampung Cireundeu, Kota Cimahi, Jawa Barat, Kamis (17/1) siang hampir sebulan lalu itu.

Sejujurnya hambar. Tenggorokan agak seret. Tapi, Jawa Pos mengambil lagi secuil dari centong. Sembari mencoba menghayati betapa dengan rasi itu warga Kampung Cireundeu telah berhasil mempertahankan kemandirian pangan selama hampir satu abad. Tak pernah jatuh ke dalam jebakan “politik beras” yang dipropaganda sejak rezim Orde Baru.

Rasi kependekan dari beras singkong. Sesuai namanya, bahannya murni dari singkong. Tanpa campuran apa pun. Tak seperti tiwul yang juga berbahan dasar singkong.

Setelah dimasak, bentuknya bulat-bulat kecil. Warnanya putih kecokelatan. Sejak 1924 nasi singkong itulah yang menjadi bahan makanan pokok di Kampung Adat Cireundeu. Sampai kini, 95 tahun berselang, saat warga kampung menyisakan 70 kepala keluarga saja. “Makan rasi itu sudah menjadi tradisi di sini,” kata Ketua Adat Cireundeu Emen Sunarya alias Abah Emen.

Tak seperti suku Baduy, meski sama-sama warga kampung adat, penduduk Cireundeu tak menolak teknologi dan sekolah. Warga kampung adat penghayat Sunda Wiwitan itu sepenuhnya menerima perkembangan zaman.

Prinsip mereka, Ngindung ka Waktu, Mibapa ka Jaman. Maksud Ngindung ka Waktu, sebagai warga kampung adat memiliki ciri dan keyakinan masing-masing atau menjaga adat. Sedangkan Mibapa ka Jaman bermakna mengikuti perkembangan zaman.

Tentu saja modernisasi itu sedikit banyak membawa pengaruh di sana-sini. Apalagi, pendatang juga berdatangan. Kawin-mawin dengan warga luar Cireundeu terjadi.

Tapi, kebiasaan mengonsumsi nasi singkong tetap lestari. Sopiah contohnya. Perempuan 25 tahun tersebut bersuami lelaki dari luar Cireundeu. Meski suaminya mengonsumsi beras nasi seperti mayoritas warga Indonesia, Sopiah bertahan dengan rasi. Setiap hari dia memasak dua jenis makanan pokok: rasi untuknya dan beras untuk suami serta kedua anaknya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan