Warga Banyusari Antusias Sambut Program PWI Peduli

KATAPANG – Ratusan Warga Desa Banyusari Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, antusias menyambut bantuan air bersih yang disalurkan Keluarga besar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Rabu (9/10).

Penyaluran Bantuan air bersih sebagai implementasi program PWI Peduli, bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD), Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan), PWI Kabupaten Bandung salurkan sekitar 20 ribu liter air kepada Warga Banyusari.

Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat mengatakan, pembagian air bersih sesuai dengan amanat PWI pusat tentang PWI Peduli. ”Sesuai dengan instruksi dari PWI Pusat bahwa di daerah harus membentuk PWI Peduli. Kegiatannya menyangkut kegiatan sosial,” Kata Hilman saat ditemui disela-sela pembagian air bersih.

Menurutnya, PWI Jabar sudah menginstruksikan pengurus PWI Kota/Kabupaten se-Jabar untuk segera mengimplementasikan dan membentuk PWI Peduli dengan berbagai kegiatan sosial. ”Bantuan itu bisa berupa bantuan air bersih, seperti di PWI Kabupaten Bandung, pembagian sembako, menanam pohon, dan khitanan massal,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua PWI Kabupaten Bandung Rahmat Sudarmaji menjelaskan, implementasi program PWI Peduli. Pihaknya, mengaplikasikan dalam bentuk pembagian air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan dan darurat air bersih.

”Atas support dari PWI Jawa Barat, BPBD dan Dinas Perkimtan Kabupaten Bandung, kami menyalurkan air bersih kepada ratusan KK di Desa Banyusari,” akunya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD, Akhmad Djohara melalui Kasi Logistik Asep Mahmud mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung program PWI Peduli, mengingat di musim kemarau sebagian besar warga Kabupaten Bandung tengah dilanda kekeringan, sehingga sangat membutuhkan bantuan air bersih.

“Atas inisiatif teman-teman PWI, kami merasa terbantu untuk membantu masyarakat yang terdampak musim kemarau ini,” tuturnya.

Menurut Asep, sampai dengan awal bulan Oktober. Pihaknya sudah menyalurkan bantuan air bersih sekitar 1,2 juta liter air kepada 78.500 Kepala Keluarga (KK) di 64 Desa, 24 Kecamatan di Kabupaten Bandung.”Sejak ditetapkan status bencana dan kekeringan September lalu, kami sudah melaksanakan penanggulangan darurat bencana kekeringan di 24 kecamatan dari 28 yang terdampak,” akunya.

Sementara itu, Pjs. Kades Banyusari Agus Sumarna sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus PWI yang peduli terhadap warganya. ”Mewakili pemerintahan Desa dan warga Banyusari, saya mengucapkan terima kasih kepada PWI atas bantuan dan sumbangan air bersihnya. Semoga bantuan ini dibalas oleh Allah SWT,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan