Wabup Siapkan Rumah Produksi Hiburan

NGAMPRAH– Untuk memberikan ruang dan mewadahi kreativitas warga Kabupaten Bandung Barat (KBB), Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan berencana membangun production house atau rumah produksi hiburan.

Hengki mengklaim jika usulannya itu pun mendapat dukungan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Menurut orang nomor dua di KBB ini, bahwa industri kreatif sangat cocok dengan hadirnya para milenial di era saat ini.

“Saya sudah presentasi ke pak Gubernur untuk mendorong ekonomi kreatif melalui production house. Tempat ini akan mewadahi anak muda yang hobi fotografi, akting, dan sebagainya. Kita berikan wadah,” kata Hengki di Ngamprah, Jumat (13/12).

Hengki pun mengusulkan agar dana pembangunan production house ini berasal dari badan usaha milik daerah (BUMD) Jawa Barat. “Misal lokasinya di Cikalongwetan dengan lahan yang cukup luas, di sana juga akan ada rumah-rumahan, rumah sakit, dan yang lainnya. Nanti saya tarik teman-teman dari Jakarta untuk syuting di sana,” katanya.

Menurut Hengki, dibangunnya production house akan menyerap tenaga kerja dan mengangkat usaha-usaha lokal yang berada di Kabupaten Bandung Barat, seperti usaha laundry dan katering.

Dirinya mencontohkan, terkait ekonomi kreatif ini di Jawa Barat memiliki produk yang bisa dijual di televisi, seperti sinetron stripping. Biasanya saat produksi kru yang terlibat bisa 100 orang dan stripping gambarnya bukan stok atau hari ini syuting dan keesokan hari tayang.

“Satu lokasi syuting krunya bisa mencapai 100 orang. Nah, karena syuting kejar tayang, biasanya lokasi syuting dibagi menjadi lima titik, bisa dihitung kalau satu titik 100 orang, lima titik bisa 500 orang,” katanya.

Hengki pun telah menggelar rapat dengan Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Pusat terkait hal ini. “Anak muda di Kabupaten Bandung Barat dan Jawa Barat bisa ngetop tanpa harus ke Jakarta, dan Pak Gubernur sangat mengapresiasi,” ujar Hengki yang juga Ketua Parfi 56 Cabang Jawa Barat.

Selain itu, untuk mendukung dunia perfilman di Indonesia khususnya di Kabupaten Bandung Barat, pada tahun depan rencananya akan dibangun bioskop di kawasan Padalarang. Hengki telah bertemu dan berdiskusi dengan Head of Marketing dan Promotion PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk, untuk membahas rencana tersebut.

Tinggalkan Balasan