Valentino Rossi: Kami Sudah Lebih Cepat dari Tahun Lalu

JAKARTA – Finis di posisi keenam pada MotoGP Spa­nyol di Jerez, Minggu (5/5) lalu menjadi torehan pa­ling rendah dari Valentino Rossi di empat balapan per­tama musim ini.

Namun, pembalap 40 tahun dari tim Monster Energy Ya­maha itu sama sekali tidak kecewa. Dia malah puas dengan performa motornya yang makin kencang tahun ini. “Kami sudah lebih cepat dari tahun lalu,” ucap pem­balap Italia tersebut dilansir Motorsport.

Rossi merasa pengembangan motor YZR-M1 miliknya sudah dalam trek yang benar. Finis di posisi enam setelah start dari urutan ke-13 adalah bukti Yamaha masih bisa ber­tarung untuk mendapat po­dium di setiap balapan.

Juara dunia MotoGP tujuh kali itu lantas membanding­kan performa motornya tahun ini dengan tahun lalu di Jerez. Dia merasa motornya kini bisa digeber jauh lebih mak­simal. Dia juga merasa bisa menunggangi YZR-M1 edisi terbaru ini lebih nyaman. “Tahun ini kira-kira 25 detik lebih cepat dibanding tahun lalu. Jarakku dengan pemba­lap di posisi terdepan juga makin dekat,” tambahnya.

Secara keseluruhan per­forma motor Yamaha memang membaik musim ini. Itu bukan hanya berlaku untuk tim pa­brikan melainkan juga untuk tim satelit mereka yakni Pet­ronas Yamaha-SRT. Setelah mencuri perhatian dengan mengambil posisi start 1-2 di GP Spanyol, duo pembalap Petronas Yamaha-SRT kema­rin lagi-lagi tampil apik dalam post-race test di sirkuit Jerez.

Fabio Quartararo yang me­raih pole position GP Spa­nyol menjadi yang tercepat di sesi tes ini. Bukan hanya itu, catatan waktu yang dia bukukan yakni 1 menit 36,379 detik menjadi rekor lap baru di Jerez.

Rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli juga tidak kalah ciamik. Catatan waktu terbaiknya yang terpaut 0,714 detik dari Quartararo mem­buatnya menempasti posisi ketiga terbaik. Posisi runner up sendiri diambil oleh Cal Crutchlow. Pembalap LCR Honda itu berada di posisi runner up dengan catatan waktu terpaut 0,418 detik dari Quartararo.

Pasca menyelesaikan seri keempat di Spanyol, MotoGP pada 19 Mei mendatang me­mainkan seri kelima di sir­kuit Le Mans, Perancis. Marc Marquez (Repsol Honda) yang merupakan kampiun GP Spa­nyol lalu datang sebagai jua­ra bertahan. (irr/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan