Usulkan Enam Pimpinan Dewan ke Kemendagri

BANDUNG – Enam calon pimpinan definitif DPRD Jabar periode 2019-2024 diusulkan dalam sidang rapat paripurna pada Selasa (17/9). Setelah itu, keenam pimpinan itu akan diajukan ke kementrian dalam negeri (Kemendagri).

Ketua sementara Taufik Hidayat mengatakan, usulan nama-nama untuk calon pimpinan DPRD Jabar 2019-2024 sudah disetujui oleh seluruh anggota DPRD Jabar yang berjumlah 120 orang dalam rapat tersebut.

Menurutnya, jumlah pimpinan DPRD untuk kali ini ada perubahan dari lima orang pada periode sebelumnya menjadi lima orang. Hali ini karena total jumlah anggota dewan adalah 120 orang.

’’Jadi sekarang ada enam orang karena jumlah anggota dewan bertambah dari 100 orang menjadi 120 orang,’’kata Taufik kepada wartawan. (17/9).

Usulan keenam pimpinan ini nantinya akan diserahkan kepada Kemendagri. Sehingga, keputusannya berada ditangan mendagri. Sebab, kalau jumlah anggota 85-100 itu lima orang pimpinan.

’’ Jadi kalau 120 harus menyesuaikan,” tutur Taufik.

Kendati begitu, usulan ini bisa saja disetujui atau bisa ditolak. Sebab, lembaga legislatif hanya bertugas mengusulkan sesuai dengan kesepakatan seluruh fraksi.

’’Jadi, ya kemungkinan ditolak, kemungkinan diluluskan (oleh Kemendagri),” ujar Taufik mengakhiri.

Adapun keenam nama itu terdiri dari satu orang ketua dan lima orang wakil ketua, masing-masing adalah Taufik Hidayat dari Partai Gerindra (Ketua), Achmad Ru’yat dari PKS (Wakil Ketua), Ineu Purwadewi Sundari dari PDI-P (Wakil Ketua), Ade Barkah Surahman dari Partai Golkar (Wakil Ketua), Oleh Soleh dari PKB (Wakil Ketua), dan Irfan Suryanagara dari Partai Demokrat (Wakil Ketua).

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil lebih memilih irit berkomentar perihal formasi baru pimpinan DPDR Jabar periode 2019-2024 ini.

’’ Ini kan domainnya DPRD sendiri. Isinya dapurnya Pak Taufik (Ketua Sementara DPRD Jabar). Jadi, tanyanya harus ke beliau,” kata Emil.

Kendati begitu, lanjut dia, terkait fungsi alat kelengkapan baru di DPRD Jabar, harus bisa membawa perubahan bagi Jabar dan bisa berssinergi, berkolaborasi dalam mengembangkan program-program pembangunan Jawa Barat.

Dalam agenda tersebut, Emil dan Ketua Sementara DPRD Jabar Taufik Hidayat pun bersalaman sambil mengepalkan tangan sebagai tanda sinergi antara Pemerintah Daerah Provinsi Jabar dengan DPRD Jabar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan