Unpas Siap Gelar Wisata Edukasi

BANDUNG – Himpunan Mahasiswa Bahasa Sastra In­donesia (HMBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidi­kan (FKIP) Universitas Pasun­dan (Unpas) Bandung bakal menggelar Wisata Edukasi dalam waktu dekat ini.

Rencananya, Wisata Edu­kasi tahun 2019 ini bakal dilaksanakan selama empat hari, yakni terhitung dari tang­gal 4-7 Maret 2019 mendatang. Tujuannya adalah Yogya­karta, Jawa Tengah.

Ketua HMBSI periode 2018-2019, Jaya mengatakan, sebe­lum pelaksanaan Wisata Edukasi nanti, pihaknya ter­lebih dahulu menggelar Techi­nal Meeting, Jumat (1/3) un­tuk mematangkan persiapan dan pemberian informasi kepada para peserta nanti.

”Iya hari ini kita adakan Techinal Meeting dulu. Kita informasikan kepada para peserta seputar Wisata Edu­kasi nanti,” ujarnya.

Rencananya, kata Jaya, Wi­sata Edukasi tahun ini akan diikuti 118 peserta yang mer­upakan mahasiswa Pendidi­kan Bahasa dan Sastra Indo­nesia (PBSI) FKIP Unpas Bandung Semester II atau angkatan 2018.

Dikatakan Jaya, tujuan ke­giatan Wisata Edukasi kali ini adalah untuk menambah ketertarikan mahasiswa ter­hadap bahasa, satra dan bu­daya. Kemudian untuk mem­perluas wawasan mahasiswa terhadap kebudayaan yang dimiliki daerah lain.

”Kemudian, yang terpenting adalah terjalinnya hubungan baik antara mahasiswa dengan pengurus himpunan,” katanya.

Tujuan kegiatan itu meru­pakan penjabaran dari tema yang diusung dalam kegiatan tahun ini, yakni ‘Wisata Edu­kasi Sebagai Wadah Membangun Kreativitas dan Inovasi Berbahasa serta Bersastra dengan Berbasis Kearifan Lokal’.

Senada dengan tema dan tujuan itu, pihaknya memu­tuskan bahwa tujuan utama Wisata Edukasi tahun ini ada­lah Yogyakarta, Jawa Tengah. Ada beberapa tempat yang akan dikunjungi di sana, yang ten­tunya sesuai dengan tujuan.

Di antaranya Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UTS), Sendratari Ramayana dan Candi Borobudur. Tiga tempat itu diharapkan bisa menambah informasi dan pengetahuan mahasiswa se­putar sastra dan kebudayaan.

”Terus, kalau wisatanya kita ada offroad ke Gunung Merapi dan Bakpia Soema­digdo,” terang Jaya.

Perihal persiapan, lanjut Jaya, sejauh ini dinilai cukup baik. Pasalnya, kegiatan ini meru­pakan kegiatan yang sudah direncanakan sejak awal ke­pengurusan HMBSI dibawah pimpiannya. Selain itu, kun­jungan seperti ini juga selalu dilaksanakan oleh periode sebelumnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan