Unjani Gelar Expo I dan Seminar Nasional

CIMAHI – Pameran teknologi tepat guna, talk show, konsultasi, workshop, kreasi seni, dan bazar menjadi pengisi kegiatan Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Expo I yang digelar di Gedung Techno Park Cimahi, Jalan Raya Baros, Kota Cimahi, Rabu (4/12).

Kegiatan yang rencananya berlangsung selama dua hari tersebut menjadi ajang unjuk kemampuan berbagai hasil kreasi mahasiswa dari berbagai program studi (prodi) dan juga menjadi sarana bagi masyarakat umum untuk berinteraksi serta mengetahui lebih jauh soal Unjani.

Rektor Unjani Witjaksono mengatakan, Unjani Expo (Unex) I terselenggara berkat ketekunan dari para dosen, peneliti, dan mahasiswa dalam menerapkan teknologi tepat guna. Secara formal hal ini sudah diakui oleh Kemenristekdikti dan masuk dalam cluster utama.

”Melalui inovasi ini diharapkan bisa menjadikan Unjani sebagai universitas yang unggul dan lebih menaikan peringkat lagi dari asalnya peringkat 240 menjadi 142,” kata Witjaksono seusai pembukaan Unjani Expo I di Gedung Techno Park Cimahi, Jalan Baros.

”Sebagai satu-satunya universitas di Cimahi, melalui expo ini Unjani bisa lebih dikenal lagi melalui produk hasil kreasi kampus yang diinfasi langsung oleh dosen, mahasiswa, dan alumni,” imbuhnya.

Dia meminta kegiatan seperti ini tidak hanya berlangsung sekali, tapi bisa kontinyu digelar setiap tahun. Sebab melalui kegiatan ini tidak menutup kemungkinan akan tercipta profesional networks antara para mahasiswa, dosen, alumni, dengan instansi lain yang terlibat dalam expo. Hal positif lain yang ingin diraih dari gelaran expo adalah bagaimana masyarakat khususnya para lulusan SMA/SMK bisa tertarik untuk bergabung melanjutkan study ke Unjani.

”Unjani selalu berupaya menjaga citra dan etos kerja para alumninya dalam menjaga standar baku keprofesionalan. Hal itu sesuai dengan nilai-nilai ke-Achmad Yani-an yang dikemas dalam istilah KICK yaitu Keen, Integrity and Intiative, Courage and Creativity serta Knowledge,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana menuturkan, selaku pemerintah kota pihaknya mengapresiasi digelarnya Unjani Expo karena diyakini bakal menambah SDM terdidik di era globalisasi.

”Pemberian kemampuan soft skill seperti kemampuan dalam berhubungan dengan orang lain atau keterampilan dalam mengontrol diri sendiri, serta hard skil berupa kemampuan ilmu teknologi sangat penting dalam mempersiapkan tenaga kerja terampil yang bisa diserap oleh negara lain,” ujar Ngatiyana.

Tinggalkan Balasan