Traveloka dan Tiket.com Sudah Kembali ke Jalan yang Benar

JAKARTA – Penjualan tiket penerbangan AirAsia di Tiket.com dan Travelola sudah kembali normal sejak dua hari lalu.

Tiket penerbangan AirAsia mendadak menghilang ini sempat diprotes oleh pihak AirAsia. Diduga ada persaingan tidak sehat.

Direktur AirAsia Indonesia, Rifai Taberi bersyukur penjualan tiket sudah seperti biasanya. Pihak AirAsia mengetahui penjualan tiket menghilang sejak Minggu (10/2) sampai Minggu (17/2).

“Alhamdulillah (penjualan tiket AirAsia) sudah kembali ke jalan yang benar,” sindir Rifai kepada Fajar Indonesia Network (FIN) Grup Jabar Ekspres, Senin (18/2).

Menurut Rifai, perkembangan industri penerbangan beberapa bulan terakhir banyak kejadian yang luar biasa. Bahkan, dugaan dia hilangnya lantaran ada persaingan yang tidak sehat, sehingga pelanggan yang menjadi korban.

“Jadi kalau mau membeli tiket AirAsia, saya sarankan untuk menggunakan website kami atau mendownload mobil app kami, supaya rencana perjalanan tidak terganggu,” ujar Rifai.

Harapan Rifai, apapun alasan online travel agent (OTA) jangan mengganggu bisnis maskapai siapapun, termasuk AirAsia.

“Semoga iklim kompetisi yang tidak kondusif ini segera berakhir. Sehingga industri penerbangan bisa berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia,” kata Rifai.

Terkait keluhan AirAsia, pihak Tiket.com mengaku bahwa ada masalah teknis pada pemeliharaan sistem yang berdampak pada sistem reservasi tiket.

“Pemberitaan yang sudah beredar itu tidaklah benar, karena hal tersebut terjadi karena kendala teknis pemeliharaan saja. Dana sudah dua hari tiket AirAsia juga sudah muncul lagi penjualannya,” ujar Public Relations Executive Tiket.com, Yosi Marhayati kepada FIN, kemarin.

Pun demikian dengan pihak Traveloka mengatakan yang sama, bahwa karena ada masalah teknis. “Sudah muncul kok penjualan tkket AirAsia di situs Traveloka,” ujar PR Manager Traveloka, Busyra Oryza.

Alasan kedua OTA itu dibantah oleh Rifai Taberi, bahwa pemeliharaan sistem terjadi pada Sabtu 16 Februari 2019 mulai dari pukul 13.00 WIB hingga Minggu 17 Februari 2019 pukul 02.00 WIB.

“Ini berarti dua hari sebelum pemeliharaan sistem tiket domestik AirAsia sudah tidak tersediakan di OTA tersebut. Jadi masalahnya bukan di sistem AirAsia,” tegas Rifai.

Sementara Humas Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Firmansyah berjanji akan menggelar jumpa pers terkait masalah hilangnya penjualan tiket AirAsia di Tiket.com dan Traveloka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan