Tingkatkan Pantauan di Titik Rawan Kecelakaan

BANDUNG– Polres Cimahi akan me­ningkatkan pemantauan di jalur mudik yang memiliki titik rawan kecelakaan. Hal itu disampaikan Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto belum lama ini. Menurutnya, hasil peng­ecekan yang telah dila­kukan oleh pihak kepo­lisian terdapat dua titik jalan yang kon­disinya rawan long­sor dan cukup berisiko terjadi kecelaka­an.

”Pertama di Jalan Kolonel Masturi tepatnya di Kampung Cikahuripan, Lembang, bahkan satu bulan lalu sempat terjadi longsor. Saat ini sudah dikanalisasi untuk antisipasi dan di­pasang papan informasi kepada peng­guna jalan agar hati-hati,” ujar Su­harto.

Selain di Jalan Kolonel Masturi, kata Su­harto, jalur yang berada di titik rawan longsor yaitu di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, arah menuju objek wisata Maribaya. Ka­rena ada badan jalan yang longsor.

Terjadi penyempitan jalan, yang semula itu untuk dua arah, sekarang hanya bisa digunakan untuk satu arah secara bergan­tian. Kami pun sudah pasang rambu-rambu di kawasan jalur tersebut,” katanya.

Selama Operasi Ketupat 2019, pihaknya akan melakukan pemba­tasan kendaraan yang melintas ke jalur tersebut, untuk mengantisipasi getaran-getaran yang bisa menimbulkan longsor terjadi kembali.

”Kalau ke jalur Kolonel Masturi, bus ma­sih bisa masuk kalau kondisi sedang tidak hujan. Tapi di jalur Cibodas, kami mengim­bau bus tidak melintasi ke sana. Karena tidak bisa digunakan untuk dua lajur. Ba­hkan, kalau volume kendaraan meningkat akan ada kepadatan panjang,” terangnya.

elain dua jalur tersebut, Suharto mengim­bau kepada para pemudik yang akan melintasi jalur Cipatat dan Cikalongwe­tan, untuk berhati-hati saat mengendar­ai kendaraannya. Sebab, dua jalur terse­but masuk katagori rawan kecelakaan.

”Ada dua titik black spot, yaitu di jalur Cipatat banyak tikungan tajam dan lebar jalan yang hanya 7 meter. Kemudian di jalur Cikalongwetan pun sama. Penge­mudi harus berhati-hati. Jangan me­nyalip di tikungan, karena sering terjadi kecelakaan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Satlantas Polres Cimahi pun akan melakukan anti­sipasi kemacetan karena pasar tumpah yang berada di beberapa titik khususnya di Pasar Tagog, Padalarang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan