Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Perpustakaan

BANDUNG –Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat menggelar Workshop Akreditasi Lembaga Perpustakaan di Jawa Barat. Kegiatan tersebut diikuti oleh Tenaga Pengelola Perpustakaan dari SD, SMP, SMA/SMK, Universitas-Universitas, Dinas Perpustakaan Kota/Kabupaten, dan Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dispusipda Provinsi Jawa Barat, Riadi melalui Kepala Bidang Bina Perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca (BPBGM), Neni Alyani mengatakan, tujuan dilaksanakan Workshop Akreditasi Lembaga Perpustakaan ini adalah untuk meningkatkan secara kuantitas maupun kualitas jumlah lembaga perpustakaan yang terakreditasi.

”Ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat khususnya Dispusibda dalam peningkatan kualitas kelembagaan perpustakaan. Kita harus mengidentifikasi faktor penyebabnya apa dari lembaga perpustakaan ini sehingga mereka lambat untuk mengakreditasi,” ujar Neni Alyani saat ditemui di ruangannya, Kantor Dispusipda Prov Jabar, Bandung, Sabtu (30/11).

UCAPKAN TERIMAKASIH: Kepala Bidang Bina Perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca (BPBGM), Neni Alyani (tengah) mengucapkan terimakasih kepada para Kepala Dinas yang sudah mengefektifkan perpustakaan di OPD

Menurut Neni, jika dibandingkan dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu sudah lebih dari 100 lembaga perpustakaan yang sudah terakreditasi.

”Nah kita di Jabar ini masih sedikit, sebenarnya apa penyebabnya gitu. Dari data menunjukan di Jabar itu perpustakaan untuk tingkat Kecamatan ini baru jumlah yah belum terakreditasi dari 627 Kecamatan yang ada baru 180 Kecamatan yang memiliki lembaga perpustakaan,” ujarnya.

Berarti ini bari 29 persen sambung Neni, kemudian untuk jumlah Desa sekarang di Jabar memiliki Desa sekitar 5312. Sementara yang sudah ada perpustakaan 3743 berarti ini sekitar 70 persen ada perpustakaan, sudah jauh lebih bagus dari pada di kecamatan, kemudian di kelurahan juga sama 70 persen nya sudah memiliki perpustakaan.

”Di provinsi sendiri dari 54 Organisasi Perangkat Daerah yang memiliki perpustakaan yang layak tapi belum terakreditasi ini juga ada 11 perpustakaan antara lain; Dinas Perpustakaan, kemudian Badan Diklat atau bpsdm, Disdik, Disnakertrans, Diskimrum, Baperda itu sudah ada perpustakaannya kemudian Dinkes, Pupr, Diskan, Bapenda dan Dpmdesa Jabar,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan