Tingkatkan Kesadaran Perlunya Sustainability Office

DAYEUHKOLOT – Dalam rangka menciptakan pembangunan menuju konsep green campus yang ramah lingkungan di Perguruan Tinggi (PT) Universitas Indonesia dan Telkom University menyelenggarakan “Workshop UI Green Metric Sustainability Officer” yang dilaksanakan pada 13-14 Maret 2019.

Acara dengan tema ’’Raising The Participation of Higher Education in Nurturing The Environment Through Sustainability Office” bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya ‘sustainability office/officer’ di PT dengan memberikan pelatihan keterampilan dan pengetahuan kepada‘sustainability officer’ dan mendukung PT menjadi kampus yang ‘sustainable’.

Workshop ini menghadirkan pembicara yakni Prof. Adiwijaya (President of Telkom University) Prof. Riri Fitri Sari (Chairperson of UI GreenMetric – Universitas Indonesia), Prof. Ahmad Zaharin Aris (Chair for the UPM working commitee on Sustainable Green Campus Universiti Putra Malaysia), dan Dr. Sigid Suseno (Wakil Rektor IV UNPAD).

Direktur Sekretariat Universitas Telkom University sekaligus ketua panita acara Dr. Abdurahman Baizal menjelaskan, universitas perlu meningkatkan kesadaran dengan semua komunitas akademiknya. Universitas juga perlu melakukan kegiatan yang relevan, konsisten, sejalan dengan konsep keberlanjutan.

”Semua upaya ini harus dikelola bersama-sama tidak hanya akademisi atau pemerintah, tapi semua harus menjadi inisiatif bersama, karena kita tinggal di rumah, yang sama bernama Bumi,” jelas Adurahman, usai workshop, Kamis (14/3).

Menurutnya, UI Green Metric merupakan acara publikasi tahunan pemeringkatan universitas di dunia terkait Sustainability. Sampai saat ini lebih dari 700 universitas dari lebih dari 30 negara di seluruh dunia telah berpartisipasi dalam UI Green Metric.

”UI Green Metric sejak 2010 melakukan pemeringkatan untuk menjadi acuan standar bagi pengembangan universitas dibidang akademik,” ujarnya.

Namun demikian, kriteria yang digunakan untuk penilaian universitas tidak memberikan apresiasi terhadap usaha yang telah dilakukan dalam mengurangi karbon, dan membantu mengurangi pemanasan global. Kriteria perhitungan nilai UI GreenMetric yaitu pengaturan Lahan dan Infrastruktur, Energi dan Perubahan Iklim, Sampah, Air, Transportasi, dan Edukasi.

”Telkom University sebagai salah satu kampus hijau di Indonesia yang menempati peringkat 150 di dunia sangat focus dengan kualitas lingkungan kampus yang dapat menunjang proses belajar mengajar, karena kampus Telkom University percaya bahwa lingkungan yang sehat mampu menghasilkan proses belajar mengajar yang  baik,” tandasnya. (yul/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan