Timnas U-16 Lolos, Garuda Nusantara Tatap Kualifikasi

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 berhasil lolos ke putaran final Piala AFC U-16 2020. Skuat Garuda Asia berhak melaju dengan menjadi salah satu dari empat runner-up tim terbaik yang lolos untuk menemani 11 tim juara grup dan tuan rumah.

Indonesia berhasil menjadi runner-up setelah menjalani putaran Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G dengan cukup gemilang karena berhasil meraih tiga kemenangan. Hasil tersebut, membuat Indonesia menempati runner-up grup G dengan raihan 10 poin dan China menjadi juara grup karena selisih gol.

Babak penyisihan Piala AFC U-16 2020 sendiri sudah menyelesaikan seluruh pertandingannya pada Senin (23/9) kemarin. Dimana tim-tim yang lolos dengan status juara grup diantaranya, Tajikistan (grup A), India (grup B), Iran (C), China (grup G), Jepang (grup J), dan Korea Selatan (grup K). Sedangkan, empat tim runner up terbaik didapat oleh Indonesia (grup G), Yaman (grup E), Uzbekistan (grub B), dan Oman (grup D). Adapun Bahrain lolos dengan status sebagai tuan rumah.

Keberhasilan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan lolos ke putaran final Piala AFC U-16 2020 tersebut, sangat disyukuri oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Melalui, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria keberhasilan anak asuh Bima Sakti itu bakal didorong dengan persiapan yang lebih baik untuk menghadapi putaran final tersebut.

”Tentu kita mensyukuri hasil yang dicapai timnas Indonesia. Mereka sudah berjuang habis-habisan pada laga terakhir. Dengan lolos ke putaran final, maka persiapan tim harus lebih baik lagi,” katanya.

Sementara itu, Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. “Kita akan evaluasi semuanya. Yang pasti kita tidak boleh santai untuk menghadapi putaran final.” Jelasnya.

Bima mengatakan format pemusatan latihan akan dibuat mirip persiapan kualifikasi Piala AFC U-16 2020. Waktu itu, Bima Sakti memilih beberapa daerah ke lokasi pemusatan latihan seperti Bogor, Jakarta, Cikarang, dan Bekasi. ”Kemungkinan kita ada ke luar daerah seperti Yogya, Surabaya, Malang yang bisa jadi daerah tujuan melakukan TC (training center),” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan