Timnas Indonesia Memperpanjang Rekor Buruk Lawan Jordania

JAKARTA – Timnas Indonesia harus memperpanjang rekor buruk saat bertamu ke markas Jordania di Amman, Selasa (11/6). Dalam laga uji coba itu, Skuad Garuda takluk 1-4.

Dalam laga yang digelar di Stadion King Abdullah ini, Jordania unggul melalui gol yang dicetak oleh Baha’ Faisal menit ke-23 dan 42, kemudian Yousef Alrawashdeh (63′), serta Hamza Aldardour (79′).

Sementara itu, satu-satunya gol Indonesia dalam laga ini dihasilkan oleh pemain naturalisasi Beto Goncalves via penalti menit ke-86.

Indonesia dalam pertandingan ini memang terlihat berhati-hati bermain. Mereka memang mencoba melakukan pressure saat lawan memegang bola, tetapi masih ada celah bagi tuan rumah untuk melepaskan diri dari tekanan.

Upaya untuk mencuri gol Indonesia semakin berat setelah memasuki menit ke-23 tuan rumah unggul. Umpan matang Shamir disambar dengan apik oleh Baha’. Keunggulan itu menjadikan Indonesia semakin terbuka dan keluar menyerang.

Strategi tersebut, bukan gol yang didapat, Indonesia justru kecolongan lagi lewat aksi ciamik Baha’. Bracenya menutup skor babak pertama dengan skor 2-0 untuk keunggulan Timnas Jordania.

Pada babak kedua, Pelatih Indonesia Simon McMenemy melakukan perubahan dengan memasukkan Andik Vermansah dan Novri Setiawan.

Kedua pemain ini diharapkan menambah daya gedor Indonesia di sektor sayap. Namun, siapa sangka permainan Indonesia menurun. Menit ke-63 gol kembali dicetak tuan rumah.

Pesta gol tuan rumah ditutup oleh pemain pengganti Hamza yang mencetak gol indah.

Saat Indonesia terlihat sudah lesu dalam menyerang, Tariq Khattab, bek andalan Jordania ditarik. Keluarnya pemain jangkung itu membuat lini belakang Jordania keropos dan akhirnya membuat pelanggaran di dalam kotak penalti.

Striker Indonesia, Beto, yang baru masuk di babak kedua berhasil menyarangkan bola dan mengubah skor menjadi 1-4.

Sejauh ini, Indonesia sudah empat kali kalah saat bermain di Amman Jordania sejak 2004 lalu. Quattrick kekalahan ini belum bisa menghapus rekor buruk Indonesia saat main di sana.(dkk/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan