Tim Pengabdian Unjani dan Unpas Gagas Program Secercah Hati

”Pendapatan penjualan sebagian dibagi antar anggota KWP, dan sebagian lagi dialokasikan untuk pengembangan bisnis berikutnya,” ujarnya.

Dia mengatakan, kegiatan ini akan menjadi cikal bakal terbentuknya koperasi produksi dan simpan pinjam yang dikelola KWP. Pemberdayaan wanita dilaksanakan juga dengan menstimulasi para kader PKK di wilayah ini untuk mengamati dan mengidentifikasi masalah kesehatan dan perekonomian di sekitarnya.

”Mereka berdiskusi untuk mencari akar masalahnya, kemudian menuangkan dalam skenario yang mereka buat sendiri hingga melakukan pementasan sebagai wujud kegiatan sosialisasi,” tandasnya.

Ibu Hastami selaku Ketua Posyandu RW 12 Kel. Cibeureum menyambut baik program Secercah Hati. Kegiatan bidang kesehatan dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan, pemotivasian dan pendampingan Kader Posyandu dan Posbindu.

Melalui kegiatan ini, ibu-ibu PKK memiliki pola pikir yang berbeda terkait masalah kesehatan dan perekonomian sehingga akan mendorong perubahan perilaku. Di samping itu, setelah mengikuti program teater pemberdayaan partisipatif, ibu-ibu merasa lebih percaya diri dan berani mengekspresikan pemikiran dan pendapat mereka.

”Senang bahwa ibu-ibu mendapat pengetahuan dan pendampingan hingga bisa meningkatkan kemampuannya dalam mendampingi masyarakat,” tuturnya.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan