Tidak Selalu Bicara Profit, Kearifan Lokal Selalu Jadi Prioritas

Hal ini dilakukan setelah banyaknya permintaan masyarakat luas, agar Bogor Raincake mudah dijangkau oleh masyrakat Cibinong dan sekitarnya.Termasuk juga masyarakat dari luar kota Cibinong yang singgah di mall tersebut.”Saya kan orangnya nggak bisa diam. Terus beraktivitas dan sekreatif mungkin,” tuturnya. Perempuan 26 tahun ini mengungkapkan alasan dirinya membuka outlet barunya lantaran banyaknya permintaan dari masyarakat dan fansnya.

Tak jauh berbeda dengan Shireen Sungkar, pedangdut Fitri Carlina juga berupaya mempromosikan potensi daerah Banyuwangi. Lewat kuliner kekinian yang diberi nama Banyuwangi Savana Cake (BSC) Duta pariwisata dari wilayah di ujung timur Pulau Jawa ini melihat sajian kue khas daerahnya dengan cara yang berbeda.

Menurut Fitri, Banyuwangi selain dikenal dengan wisata baharinya ternyata dahuludikenal sebagai Kota Pisang pada era 1980-an. Sayangnya, sebutan sebagai Kota Pisang tinggal gemanya saja. Saat ini, generasi muda Banyuwangi lebih mengenal sale pisang atau keripik pisang kepok merah sebagai oleh-oleh penganan khas Banyuwangi.

Pelantun “ABG Tua” ini bertekad untuk mengembalikan kejayaan Banyuwangi yang dulu terkenal dengan sebutan Kota Pisang. Dengan bermodalkan semangat yang kuat untuk memajukan dan mengembangkan potensi wisata daerahnya, pedangdut adik Nini Carlina ini menggagas sebuah ide promosi yang efektif untuk memperkenalkan Banyuwangi.

Promosi itu melalui sajian kue khas Nusantara yang diberi nama Banyuwangi Savana Cake (BSC) dengan menggunakan bahan dasar pisang. Mengusung tagline “Seru Enjonge” yang memiliki arti keterlaluan nikmatnya, diambil dari bahasa Osing Banyuwangi.

Sementara nama savana terinspirasi dari iklim tropis Banyuwangi dan merupakan nama tempat pariwisata terkenal di Banyuwangi, yakni Savana Baluran dan Savana Sadengan. Kedua tempat tersebut merupakan savana terbaik di Banyuwangi dan mendapat julukan Afrika Kecil dari Pulau Jawa.

”BSC mengeluarkan lima varian rasa kue yang mengadopsi keindahan pariwisata Banyuwangi seperti Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java, dan Savana Wedi Ireng,” ujar Fitri menerangkan brandnya saat dihubungi FIN, kemarin.

Perempuan kelahiran 1987 ini punya strategi tersendiri dalam menggaet pengunjung. Ia menyebarkan promosi melalui media online dan melakukan aktivasi di beberapa lokasi di Banyuwangi, supaya masyarakat lebih mengenal Banyuwangi Savana Cake.”Harapan saya kehadiran BSC dapat memberikan manfaat manis untuk Kabupaten Banyuwangi.,” ungkapnya lebih lanjut. (*/fin/tgr)

Tinggalkan Balasan