Tidak Selalu Bicara Profit, Kearifan Lokal Selalu Jadi Prioritas

Mencicipi bisnis kuliner membuat sederet artis Indonesia seperti Teuku Wisnu, Zaskia Sungkar, Syahrini, Dude Harlino dan Irfan Hakim semakin banyak berwirausaha. Hingga kini, mereka berjualan oleh-oleh kue khas hingga mencoba membuka cabang di berbagai kota.

ANDI MARDANA-Jakarta

Jannah Corp, dikenal sebagai manajemen dari kumpulan 20 brandkue para artis. Pendirinya Zaskia Sungkar dan sang suami, Irwansyah. Ada Bogor Rain Cake, dijalankan Shiren Sungkar yang sudah memiliki dua cabang di daerah Bogor. Ada pula ZapinBatam milik Andhika Pratama dan Makassar Baklave milik presenter Irfan Hakim.

Dari korporasi itu, para arits mencoba mengangkat ciri khas daerahnya. Meskipun bisnis oleh-oleh yang digeluti sederet aktris merupakan makanan kekinian namun tetap mengangkat kearifan lokal daerah tersebut.

Seperti bisnis Bogor Rain Cake yang dijalankan Shireen Sungkar. Roti Kota Hujan itu membantu meningkatkan kesejahteraan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) warga sekitarnya.

Kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Shireen mengatakan usaha yang berdiri sejak 2017 itu dibangun lantaran UMKM menjadi penopang usaha kerakyatan yang tengah mendapat perhatian dari pemerintah. Di Kota Bogor, perkembangan UMKM tumbuh dengan cepat. Menurut data yang dimiliki oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, pertumbuhan UMKM meningkat dari 12 ribu ke 23 ribu UMKM. Hal tersebut berdampak pada pertumbuhan ekonomi Kota Bogor yang mencapai 6,7 persen pada 2017.

”Meningkatkan pertumbuhan UMKM Bogor sejalan dengan visi dari brand kami. Lewat Bogor Raincakes ini kami ingin membuktikan bahwa usaha kekinian dan lokal bisa berjalan beriringan dan saling support,” ujar Shireen Sungkar kepada FIN, Minggu (6/1).

Outlet Shireen di Jalan Raya Puncak Cisarua, Kampung Kopo Leuwimalang, Cisarua menjadi pasar produk UMKM warga dengan kualitas terbaik. ”Bogor Raincake hadir tak hanya sebagai oleh-oleh kekinian saja namun cake oleh-oleh premium kekinian sebagai alternatif oleh-oleh jajanan dari kota hujan penuh keberkahan, Kota Bogor,” ujar istri Teuku Wisnu ini.

Shireen mengatakan, bisnis oleh-olehnya kini telah membangun cabang ke tiganya di Cibinong, Kabupaten Bogor. Berbeda dengan konsep gerai sebelumnya yang berada di Kota Bogor dan Kawasan Puncak, kali ini, Shireen membuka outletnya itu dengan konsep pop up store di Cibinong City Mall.

Tinggalkan Balasan