Tidak Banyak Mendapat Jatah Menteri

PDIP sambung diam menganut prinsip gotong royong, khususnya dalam mengelola negara. Menurut dia, Indonesia sebagai negara yang besar harus dikelola secara bersama-sama dan gotong royong. “Negara yang sangat besar ini harus dikelola secara bersama sehingga membuka diri terhadap kerja sama itu,” ujarnya.

Namun, dia menegaskan bahwa keputusan akhir terkait dengan bergabungnya parpol di luar KIK dalam koalisi pemerintahan, berada di tangan Jokowi untuk memutuskan.

Selain itu, Basarah juga mengomentari pertemuan antara Presiden RI Jokowi dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan hal yang wajar.

Menurut dia, substansi pembicaraan dan kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan itu tergantung pada keputusan politik Jokowi.

”Karena kalau dalam bentuk kerja samanya adalah di kabinet maka wewenang prerogatif itu ada di tangan Jokowi,” katanya.

Sementara itu, dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memang membahas sejumlah hal, salah satunya potensi koalisi partai tersebut kepada pemerintahan.”Ya tadi sudah berbicara banyak mengenai kemungkinan Partai Gerindra masuk ke koalisi kita,” kata Jokowi dalam jumpa pers di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, belum lama ini.

Kendati demikian, Jokowi menjelaskan kemungkinan koalisi partai berlambang kepala burung garuda itu masih belum diputuskan. (fin/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan