Tes IVA Penting Bagi Pasangan Usia Subur

CIMAHI – Tes Inspeksi Vi­sual dengan Asam Asetat (Tes IVA) sangat penting dilakukan, khususnya bagi pasangan usia subur (PUS). Sebab, tes ter­sebut bisa menditeksi dini jika terjadi lesi pra kanker serviks atau kanker leher ra­him.

Hal tersebut tegaskan Ke­pala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, drg. Pratiwi, saat di­temui disela-sela menerima Tim Verifikasi IVA Test Ting­kat Nasional di Kelurahan Karangmekar, Jalan Lurah, Jumat (10/5)

”Kenapa perlu IVA Test? IVA Test ini untuk mendeteksi dini kanker rahim yang keba­nyakan diderita kaum wa­nita,” tegas Pratiwi.

Menurutnya, sejauh ini atau dari 2015 yang lalu Dinkes Kota Cimahi mencatat ada sebanyak 13.803 PUS yang mengikuti IVA tes. Dan ada sekitar 47 orang yang diduga mengidap kanker serviks.

”Meski benjolan yang ada masih kecil, tapi dapat dip­astikan mereka positif ter­kena,” ujarnya.

Namun demikian, karena semua Pusat Kesehatan Ma­syarakat (Puskesmas) di Kota Cimahi sudah mem­buka pelayanan krioterapi atau terapi pencegahan kan­ker serviks, maka dari jum­lah komulatif sejak tahun 2015 itu, semuanya bisa ditangani.

”Jadi sedini mungkin kalau ada tanda-tanda positif cepat di antisipasi untuk ditangani di Puskemas. Jadi tidak men­jadi ganas,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna menilai, kanker serviks masih menjadi momok menak­utkan bagi masyarakat teru­tama bagi kaum perempuan.

”Untuk mencegahnya, se­baiknya Pasangan Usia Su­bur agar mau mengikuti IVA Test. Kita sediakan di setiap kelurahan melalui PKK mem­buka pelayanan ini,” beber­nya.

Dia mengatakan, peme­riksaan di kelurahan dilakukan setiap Senin dan Kamis. Pada hari itu juga dibuja untuk konseling dan diskusi.

”PKK juga terus jemput bola. Kader PKK, Dinas Kese­hatan, Dinas Sosial dan ber­bagai unsur terkait lainnya bakal terus berupaya untuk melakukan pencegahan ter­hadap kanker serviks di Ci­mahi,” katanya.

Kota Cimahi sendiri men­jadi daerah terpilih untuk mewakili Jawa Barat pada lomba IVA Test tingkat nasio­nal. Kali ini, yang diikutser­takan adalah RW 04 Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan