Tentukan Pimpinan Ketua Dewan Jabar

BANDUNG – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Jawa Barat berpeluang besar untuk mengisi Ketua DPRD Jawa Ba­rat setelah memenangkan pe­milu legislatif Agustus 2019 lalu.

Saat ini partai besutan Prabowo Subianto itu sibuk menentukan nama siapa yang akan mendu­duki ketua legislatif tersebut.

Anggota Fraksi DPRD Jabar H. Syahrir mengatakan, pe­nentuan nama yang akan menjadi Ketua DPRD Jabar menjadi wewenang sepenuh­nya DPP Gerindra

“Itu murni menjadi ke­wenangan DPP. Jadi DPP pu­nya rekam jejak untuk menunjuk siapa yang men­jadi unsur pimpinan di an­tara kader Gerindra,” ujar Syahrir, di Gedung DPRD Jabar, Senin (26/8).

Namun, Syahrir mengung­kapkan, dari beberapa kader Gerindra yang akan mengisi unsur pimpinan lembaga wa­kil rakyat di Jabar itu di anta­ranya adalah Ketua DPD Gerindra Jabar, Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat.

“Namun DPP nanti yang memutuskan,” tegasnya.

Dia memastikan, DPP Gerindra tentunya sudah mengantongi beberapa nama yang menjadi pilihan untuk mengisi pos Ke­tua DPRD Jabar.

Bahkan kata dia, berdasarkan mekanisme internal partai Gerindra sudah membentuk tim panitia khusus yang ter­diri dari sembilan orang.

“Jadi kalau nama-nama yang diusulkan mungkin DPP sudah mengantongi.

Ini ada tim pansel terdiri dari sembilan orang termasuk Sekjen, Pembina dan lain-lain. Itu yang memproses seleksi unsur pimpinan ini,” tukasnya.

DPRD Jabar periode 2019-2024 rencananya dilantik pada 2 September mendatang.

Sebelumnya pada 14 Agus­tus lalu, KPU Jabar telah mela­kukan Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon terpilih Anggota DPRD Jawa Barat Pemilu 2019. Hasilnya, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tampil sebagai pemenang Pemilu 2019 di Jabar dengan raihan 25 kursi. Gerindra mendapatkan 4.182.896 suara dan menem­pati urutan pertama dalam perolehan kursi, sehingga dipastikan memimpin DPRD Jabar dalam 5 tahun ke depan.

Hingga saat ini, beredar be­berapa nama kader Gerindra yang disebut-sebut berpeluang tampil sebagai orang nomor satu di DPRD Jabar ini. Namun dari sekian banyak nama ter­sebut, sosok Ketua DPD Par­tai Gerindra Jabar Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat yang santer disebut memiliki kans paling besar menjadi Ketua DPRD Jabar periode 2019-2024. (mg5/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan