Target RKB Rampung 100 Persen

BANDUNG – Kasie Sapras SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Dani Nuroh­man memastikan target pembangunan RKB (ruang kelas baru) tahun 2018 ter­capai 100 persen.

Dani menyebutkan total pembangunan RKB-nya ada 141 ruang kelas, di 40 SD. Se­dangkan untuk SMP ada 52 ruang kelas baru yang di­bangun di 25 sekolah. Untuk anggaran RKB SD sebesar Rp62 miliar, sedangkan RKB SMP Rp33 miliar.

”Alhamdulillah secara target tercapai 100 persen. Kami akan pantau terus hasil pembangu­nannya. Ada beberapa bangu­nan baru yang tidak puas hasilnya. Seperti catnya sudah peang (memudar) dan lain­nya. Kami akan komplain ke pihak pemborong untuk mem­perbaikinya,” ucapnya.

Dia mengungkapkan ming­gu kedua bulan Januari 2019, ruang kelas baru yang telah dibangun sudah bisa dipakai untuk KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di sekolat itu.

”Apabila anggarannya men­cukupi kita akan terus-terusan membangun. Kita memerlu­kan 2000-an RKB. Belum lagi memperbaiki ruang kelas yang rusak,” ungkap Dani.

Selanjutnya, Dani menam­bahkan, pembangunan RKB di sekolah yang kini dibangun, tahun 2019 akan berlanjut di sekolah terkait.

“Ya biar tuntas. Pembangu­nan tahun 2017 lantai satu, tahun 2018 lantai dua dan 2019 untuk lantai 3,” tuturnya.

Namun kata Dani hal itu pun apabila disetujui oleh pimpi­nannya atau dana memang ada.

Saat ditanya oleh majalah­sora.com alasan apa yang menjadikan sekolah (SD dan SMP) mendapat bantuan RKB, dirinya memaparkan bahwa yang mendapat bantuan merupakan sekolah yang benar-benar memerlukannya.

”Kami lihat skala prioritas­nya. Seperti sekolahnya me­mang rusak, daya tampung peserta didik yang banyak. Apalagi kini menggunakan siatem zonasi. Jadi pembangu­nan RKB untuk memperkuat daya tampung siswa didik warga setempat,” katanya.

Dirinya berharap untuk se­kolah yang belum mendapat­kan bantuan RKB harus ber­sabar karena terbatasnya anggaran yang ada. ”Kalau anggarannya ada ya ingin secepatnya untuk semua se­kolah yang membutuhkan bisa membangun RKB,” pung­kasnya. (aga/rmol/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan