Survei LSI: Emil Berpeluang Nyapres 2024

JAKARTA – Meskipun perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) baru saja usai setelah penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, mulai muncul nama-nama yang berpotensi menjadi calon presiden 2024. Setidaknya ada empat gubernur yang mempunyai peluang mengikuti kontestasi lima tahun mendatang.

Menurut LSI Denny JA, empat gubernur yang masuk radar capres potensial adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan, mereka berpeluang menjadi capres, karena popularitas mereka di atas 25 persen. Selain popularitasnya yang cukup tinggi, keempat tokoh politik itu merupakan kepala daerah dari empat provinsi dengan populasi penduduk terbanyak di Indonesia.

DKI Jakarta meskipun populasi pemilihnya tidak sebanyak ketiga daerah lain, tapi provinsi itu selalu menjadi sorotan media. ”Kepala daerah di Jakarta punya kesempatan ekpose media yang lebih banyak dibanding daerah lain,” terang Rully saat konferensi pers di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur Rabu (3/7).

Dia menyatakan, perbin­cangan mengenai Pilpres 2024 mulai menyeruak karena pada Pilpres 2024 mendatang, tidak ada lagi capres petahana (in­cumbent). Sebab Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bisa maju lagi sebagai capres karena sudah dua kali terpilih.

Menurut Rully, ada tiga kri­teria yang harus terpenuhi untuk menjadi suksesor Jo­kowi pada 2024. Pertama, memiliki tingkat pengenalan di atas persen. Kedua, berasal dari empat sumber rekrutmen, dan yang terakhir mempu­nyai potensi. ”Kepala daerah merupakan salah satu sumber rekrutmen yang masuk dalam kategori,” tuturnya.

Menanggapi hal ini, Guber­nur Jawa Barat M. Ridwan Kamil menegaskan saat ini ia masih ingin fokus untuk men­jalankan tugasnya sebagai gubernur. Ia belum terpikirkan untuk ikut serta dalam kon­testasi di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

”Pertama ini masih 2019, sudah ngomongin (Pilpres) 2024 dan itu kalau menurut saya terlalu jauh. Untuk saya pribadi, saat ini saya masih fokus sebagai gubernur Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil saat ditanya tentang hasil survei LSI yang menyebutkan ia ma­suk dalam 15 nama capres potensial di Pilpres 2024, di Gedung Negara Pakuan Bandung, Rabu (3/7).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan