Surat Suara Banyak yang Rusak

BANDUNG – Ketika Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat (Jabar) melakukan penyotiran surat suara dan pelipatan (sorlip), berdasarkan laporan dari KPU di daerah masih ada ditemukan kerusakan pada surat suara itu. Bahkan, kerusakan, terjadi hampir merata diseluruh kabupaten/kota di Jawa Barat.

Komisioner KPU Jabar, Nina Yuningsih mengatakan, kerusakan surat suara volumenya sangat kecil, karena sebelumnya surat suara telah melalui quality control.

’’Dari satu kardus surat suara yang berisi 200 lembar, biasanya terdapat sekitar 5 lembar surat suara yang rusak. Kategori rusak seperti terdapat warna noda, robek, dan kusut,’’kata Nina Seperti yang dikutip rmol jabar Rabu (13/3).

Menurutnya, untuk kerusakan surat suara harus segera dilaporkan ke pusat. Kemudia dihitung dan diajukan penggantian sesuai dengan jumlah yang rusak.

Sementara itu, KPU Kabupaten Bandung menjamin proses sortir lipat surat suara sudah clear dari indikasi pelanggaran.

Melalui Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya beberapa hari lalu menegaskan, pihaknya telah mengikuti arahan sekaligus rekomendasi dan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai dengan yang telah disepakati bersama Bawaslu.

“Untuk koordinasi sendiri dengan sejumlah instansi juga alhamdullilah sejak proses sorlip surat suara dimulai semua berjalan tanpa ada hambatan,” kata Agus.

Agus menyebut seluruh pola sudah dilakukan. Karena pihaknya juga dibantu oleh aparat kepolisian setempat. Sehingga, indikasi pelanggaran seperti (surat suara tercoblos) itu tidak akan ada.

’’Pengawasan kami dibantu Polres dan Bawaslu dan intens koordinasi sejak persiapan hingga pelaksanaan,” kata dia.

Agus menambahkan, tiga gudang utama yakni di kawasan Kampung Sawah, Citaliktik, dan Solokan Jeruk per hari ini pun dijaga ketat aparat. Baik saat pelaksanaan sorlip surat suara atau setelah kegiatan selesai.

“Selain mempercepat proses sorlip kami juga sekarang masih menunggu pengiriman jenis surat suara untuk kebutuhan Pilpres. Ya kalau sesuai jadwal terkahir sih akan tiba pada tanggal 16 Maret nanti,” tandasnya.

Sedangkan di KPU Purwakarta telah ditemukan 508 surat suara Pilpres yang rusak dari 700.842 lembar yang disortir. Sementara surat suara Pemilu DPD dari 700.842 yang disortir terdapat yang 145 lembar yang rusak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan