Sukabumi Surplus Produksi Beras

SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten Su­kabumi mengklaim produksi beras setiap tahun surplus. Volumenya bisa mencapai 250 ribu ton hingga 350 ribu ton.

“Kami masih bisa memasok beras ke daerah lain karena mengalami surplus,” ujar Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, di kompleks Asrama Haji di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, kemarin (21/2).

Produksi beras yang surplus dibarengi juga dengan upaya meningkatkan kes­ejahteraan petani mel­alui penga­wasan dan pengawa­lan harga jual kepada petani. Saat ini harga gabah ker­ing panen (GKP) di atas Rp 4 ribu per kil­ogram. Be­ras petani Sukabumi dibeli Aso­saisi Beras Sukabumi (ABS) yang bekerja sama den­gan Pemkab Sukabumi.

“Sehingga para apara­tur sipil ne­gara (ASN) Sukabumi membeli beras dari petani Sukabumi sebagai pasar konsumen­nya. Rata-rata per bulan mencapai sekitar 80 ton,” jelasnya.

Surplusnya produksi beras Sukabumi mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pertanian. Hal ini dapat menjadi pemacu semangat bagi petani dalam upaya pen­capaian sasaran produksi pertanian yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani. (ovi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan