Suarez Diblok Perdro Gallese

JAKARTA – Uruguay gagal melaju ke semifinal Copa America 2019 usai kalah dari Peru dalam drama adu penalti di Arena Fonte Nova, Salvador, Minggu (30/6) pagi WIB.

Sebelum babak adu penal­ti itu, Uruguay dan Peru ber­main imbang tanpa gol dalam 2 x 45 menit. Tanpa mele­wati aturan babak perpan­jangan waktu, kedua tim harus mengadu peruntungan.

La Celeste, julukan timnas Uruguay mendapat undian menendang lebih dahulu. Luis Suarez, striker Barcelona itu menjadi algojo pertama. Suarez gagal. Tendangannya yang mengarah ke kiri, bisa diantisipasi, diblok oleh kiper Peru Pedro Gallese.

Suarez menjadi satu-satunya eksekutor yang gagal di babak adu penalti ini.

Setelah Suarez, empat pe­nendang penalti Uruguay lainnya yakni Edinson Ca­vani, Cristhian Stuani, Rod­rigo Bentancur dan Lucas Torreira menunaikan tugas dengan sempurna. Namun, itu tak cukup.

Lima pemain Peru yakni Jose Paolo Guerrero, Raul Ruidiaz, Yoshimar Yotun, Luis Advincula dan terakhir Edison Flores, sukses menaklukkan kiper Uru­guay Fernando Muslera.

Mimpi Uruguay untuk me­nambah gelar Copa Ame­rica sirna. Saat ini Uruguay yang paling sering men­jadi juara, 15 kali. Diikuti Argentina 14 dan Brasil delapan kali. Semen­tara La Blanquirroja, julukan timnas Peru, baru dua kali yakni pa­da 1939 dan 1975.

Dengan tiket terakhir se­mifinal Copa America 2019 sudah di tangan, Peru pun akan berhadapan dengan si juara bertahan Chile di Arena do Gremio, Porto Alegre, Kamis (4/7) pukul 07.30 WIB.

Sementara satu semifinal lainnya yakni laga super­klasik antara Brasil vs Ar­gentina akan berlangsung Estadio Mineirao, Belo Ho­rizonte, Rabu (3/7) mulai pukul 07.30 WIB. (adk/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan