Stamford School Gelar Kompetisi English Storytelling 

BANDUNG – Sedikitnya 80 siswa dari jenjang Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berasal dari Kota Bandung dan Jakarta, ikut meramaikan kompetisi English Storytelling yang digelar sekolah Internasional Stamford School.

Kegiatan yang digelar Sabtu (12/10) di Stamford School, Jalan Citra Green, Cieumbuleuit, Kota Bandung tersebut setiap siswa beradu kemampuan bercerita dan berimajinasi di depan dewan juri dan penonton yang hadir dengan beragam tema cerita dan disampaikan dalam Bahasa Inggris selama lima menit.

”Selain kreativitas dan imajinasi bercerita, lomba English Storytelling ini juga ajang mengasah kemampuan public speaking sejak dini kepada anak-anak guna menumbuhkan jiwa leadership (kepemimpinan),”  kata Kepala Kurikulum Stamford School Carolyn Sulaeman kepada wartawan seusai kegiatan.

Menurutnya, kompetisi English Storytelling ke sembilan ini mengusung tema ‘Speaking from The Heart‘.

”Kompetisi ini juga menjadi ajang untuk melatih kemampuan dan pronunciation siswa dalam berbahasa Inggris,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, dalam kompertisi itu, juri akan menilai peserta berdasarkan ekspresi, gestur tubuh saat tampil di panggung, dan bagaimana mereka membuat cerita dari pilihan gambar yang diberikan.

”Setiap tingkatan pelajar memiliki tema cerita berbeda. Untuk siswa pra sekolah hingga kelas 3 SD, mereka diberikan tema cerita masing-masing,” ungkapnya.

Sementara untuk siswa kelas empat hingga enam SD, mereka diberi tiga pilihan gambar lalu membuat cerita dari gambar-gambar tersebut. Sementara bagi pelajar SMP dan SMA, disuruh membuat cerita sendiri dengan tema bermacam-macam, seperti superhero, misteri, dan alam semesta.

”Di sini ada lima juri yang berasal dari Argentina, Amerika, dan Indonesia dengan latar belakang berbeda-beda dalam hal kepakaran Bahasa Inggris. Kalau untuk penilaian mencakup aspek intonasi, ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan pronunciation,” terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Satuan Pendidikan Kerja Sama Stamford School Peter Darmawan menuturkan, kemampuan public speaking harus dimiliki sejak dini.

”Makanya di sini (Stamford School) selalu melatih para siswa dari tingkatan pra-sekolah hingga pelajar di tingkat SMA untuk bercerita atau presentasi di depan kelas,” tutur Peter.

Tinggalkan Balasan