Stadion Bima Segera Direvitalisasi

JAKARTA Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberi dukungan penuh inisiatif Pemerintah Kota Cirebon melakukan upaya revitalisasi Stadion Bima. Sayangnya, pemerintah pusat belum mau mengungkapkan deadline revitalisasi karena keterbatasan anggaran.

Hal itu diungkapkan Menteri Menpora Zainudin Amali saat menerima audiensi Walikota Cirebon Nasrudin Azis di ruang kerjanya, Lantai 10, Gedung Kemenpora, Jakarta. Diketahui, pertemuan keduanya dilakukan setelah pemerintah pusat resmi menghibahkan Stadion Bima ke Pemkot Cirebon

Pada dasarnya, Menpora mendukung revitalisasi kawasan Stadion Bima namun demikian anggaran pemerintah pusat terbatas. ”Memang kita harus mendorong daerah-daerah untuk mengembangkan sarana dan prasarana olahraga namun demikian pemerintah daerah harus berperan aktif jangan mengandalkan pemerintah pusat. Namun kita akan pelajari lagi kalau nanti ada yang betul-betul bisa disinergikan dengan kementerian lain maka akan kita bantu, ” jelasnya

Dalam pertemuan itu, Walikota Cire mengatakan mengatakan bahwa di kota Cirebon ada kawasan Stadion Bima, di situ merupakan kawasan olahraga seluas 23 hektar. ”Kawasan olahraga ini sampai saat ini masih berfungsi namun karena tidak terpelihara yang dan masih manjadi kepemilikan Pertamina sehingga kami pemerintah daerah tidak bisa melakukan perbaikan-perbaikan. Dan kami berinisiatif meminta aset tersebut kepada Kementerian Keuangan untuk dihibahkan kepada pemerintah daerah,” ucapnya.

Di sisi lain, Nasrudin menginginkan Stadion Bima bisa melengkapi keinginan warga Pantai Utara Jawa Barat meningkatkan prestasinya.

”Alhamdulilah, permintaan kami di kabulkan dan sekarang kawasan Stadion Bima sudah menjadi milik Kota Cirebon. Agar aset ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Jawa Barat maka kami ingin melakukan revitisasi Stadion Bima ini. Di kawasan Stadion Bima ini memiliki dua stadion yakni Stadion Madya dan Stadion Utama. Dan kami ingin stadion ini bisa menjadi model seperti GBK,” ujar Nasrudin..

Menurutnya, jika kawasan stadion bisa di revitalisasi sesuai rencana maka akan ada tiga manfaat. Pertama, menjadi sarana olahraga dan pariwisata, kemudian, daerah hijau Kota Cirebon dan , terakhir, meningkatkan perekonomian warga. ”Untuk mewujudkan ini kami minta dukungan Pak Menteri agar bisa membangum stadion tersebut,” tandasnya.(fin/tgr)

Tinggalkan Balasan