SMKN 1 Pangandaran Ciptakan Alat Penangkap Ikan

KUNINGAN – Sebanyak 48 stan Vocational Expo tersebar di Pameran Pendidikan Kejuruan “Epitech XIII Jabar” Tahun 2019. Stan tersebut diisi berbagai macam karya kreatif siswa sekolah menegah kejuruan (SMK) unggulan dan siswa SMK revitalisasi yang diadakan di Terminal Type A, Kertawangunan, Kabupaten Kuningan.

Kreativitas tersebut ditunjukkan oleh siswa SMKN 1 Pangandaran yang berhasil membuat beberapa inovasi di bidang penangkapan ikan.

Pada inovasi pertama, terdapat alat penangkap ikan rose buds atau jaring kelelawar. Cara kerja alat ini, yaitu jaring yang diturunkan ke laut akan mengembang seperti bunga mawar (rose), kemudian diberi umpan. Setelah ikan terkumpul, alat tersebut diangkat.

Guru Produktif Teknika Kapal Penangkap Ikan SMKN 1 Pangandaran, Mohammad Saefudin Zuhri menjelaskan, alat ramah lingkungan ini dimodifikasi seperti bunga mawar agar tidak merusak terumbu karang yang ada di laut.

”Siswa berinovasi untuk mengganti alat tangkap dari cantrang karena peraturan menteri untuk penggunaan cantrang sudah dilarang,” ujar Saefudin, Kamis (14/11).

Selain itu, siswa kreatif dari SMKN 1 Pangandaran juga membuat “Smart Fishing, Solusi Memancing Tanpa Ditunggu”. Saat memancing, nelayan cukup meninggalkan pancingan karena telah terhubung dengan ponsel yang telah dimodifikasi. Ponsel tersebut akan berbunyi jika ikan telah tertangkap pancingan. Keren kan!.(dsdkjbr/ziz)

Tinggalkan Balasan