SMAN Margahayu Siapkan UNBK

Jelang Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Akhir Semester Berstandar Nasional (UASBN) tingkat SMA/SMK, seluruh sekolah di Kabupaten Bandung sedang mempersiapkan Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS).

Kepala SMAN Margahayu Nunung Sumirat mengatakan, PDSS bertujuan untuk singkronisasi data berdasarkan akte kelahiran siswa. Sehingga, nantinya tidak ada kesalahan penulisan nama di ijasah.

Selain itu, pihaknya tengah mempersiapkan PDSS untuk kebutuhan data siswa yang akan dimasukan ke dokumen yang dikeluarkan sekolah nanti.

’’Jadi singkronisasi ini, agar tidak ada kesalahan dalam penulisan Ijazah dan harus sesuai dengan nama maupun tanggal kelahiran,’’ kata Nunung ketika ditemui di SMAN 1 Margahayu Kemarin. (22/1).

Nunung memaparkan, untudk persiapan UNBK para siswa sedang melakukan pemantapan. Hal ini, diwajibkan kepada para siswa kelas XII, agar ketika pelaksanaan UNBK bisa menyelesaikan soal-soal dengan baik.

’’ Jadi, pelaksanaan pemantapan dilakukan 4 kali dalam satu minggu,”ucap dia.

Nunung menyebutkan, siswa kelas XII yang akan mengikuti UN  ada 486 siswa. sedangkan pelaksanaan UNBK akan diselenggarakan pada 1 sampai dengan 8 April 2019. Sedangkan,  untuk siswa yang tidak dapat mengikuti UNBK diberikan kesempatan untuk susulan pada tanggal 15 sampai dengan 16 April 2019.

Selain itu, untuk fasilitas sarana UNBK, SMA Negeri 1 Margahayu sudah melaksanakan dengan mandiri. Sebab, untuk ruangan telah disiapkan sebanyak 5 ruang kelas yang dibagi menjadi 3 gelombang.

Dia menuturkan, masing masing gelombang sebanyak kurang lebih 150 orang dengan  tanggungjawab pelaksana oleh Wakil Kepala Sekolah (Wakasek). Sedangkan, untuk kepanitiaan dilakukan oleh para guru.

Nunung menambahkan, untuk kelancaran pelaksanaan UNBK nanti para orangtua siswa dapat memonitor dan mengawasi anaknya agar mau mempersiapkan diri dengan giat belajar.

’’Kalau bisa dapat mengurangi kegiatan siswa. baik Ekstrakulikuler maupun kegiatan diluar sekolah,” tukasnya

Ditempat sama, Sheren Listiani siswi kelas XII SMAN Margahayu mengatakan, jelang menghadapi pelaksanaan UNBK dan UASBN dia bersama teman lainnya sedang mengikuti pemantapan.

’’Saya sama temen-temen semua lagi konsen persiapan untuk mengikuti SNMPTN dan SBMPTN dengan cara test terlebih dahulu melalui online yang diundang mulai 07 sampai dengan 25 Januari 2019 dan pengumuman pada tanggal 23 Maret 2019,” pungkasnya. (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan