Siswa SD Sukamaju Bekal Air Bersih ke Sekolah

Kemarau Diprediksi Sampai Akhir Oktober

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Bandung, memprediksi musim kemarau masih berlangsung hingga akhir bulan Oktober. Meski masih cukup panjang, namun di bulan Oktober ini juga mulai memasuki masa pancaroba.

”Sebetulnya puncak musim kemarau sudah terlewat bulan kemarin, sekarang sudah masuk masa peralihan dari kemarau ke musim hujan,” terang Kepala BMKG Klas I Bandung, Tony Agus Wijaya saat dihubungi, Jumat (4/10).

Selama bulan Oktober juga diperkirakan bakal turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang secara bertahap. Sedangkan musim hujan sendiri diperkirakan tiba di bulan November.

”Di awal November kemungkinan sudah masuk musim hujan. Dari sekarang sudah ada potensi hujan ringan, tapi waktunya belum terprediksi kapan,” bebernya.

Menurut Tony, musim kemarau pada tahun 2019 ini lebih panjang satu hingga tiga dasarian atau 10 hingga 30 hari. Secara keseluruhan, musim kemarau di Jawa Barat sendiri berlangsung sejak Mei 2019.

”Memang lebih panjang (kemarau). Penyebabnya karena suhu laut di sekitar Indonesia lebih dingin dibanding normalnya, sehingga terjadi pengurangan uap air,” tutupnya.(mg3/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan