Siap-siap Rotasi Kepala Sekolah Segera Dilakukan

BANDUNG – Untuk meratakan kualitas pendidikan di Jawa Barat, Dinas Pendidikan Jabar rencana akan melakukan rotasi guru dan kepala sekolah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Iwa Karniwa mengatakan, Pemprov Jabar, tahun ini mulai melakukan promosi dan rotasi guru, wakil kepala sekolah, serta kepala sekolah di SMA dan SMK di Jabar.

Menurutnya, rotasi dilakukan untuk meningkatkan dan meratakan kualitas pendidikan SMA serta SMK negeri di Jawa Barat.

’’Peraturan gubernur yang mengatur promosi serta rotasi tersebut sedang dalam proses pembuatan dan ditargetkan selesai tahun ini. Dengan demikian, bisa segera dilaksanakan di tahun ajaran baru kali ini,’’jelas Iwa kepada wartawan di Gedung Sate kemarin. (9/5).

Dia menuturkan, untuk meningkatkan dan meratakan kualitas pendidikan di semua sekolah negeri di Jabar, para tenaga pendidik ini akan dirotasi melalui promosi. Dengan demikian, semua sekolah di Jabar akan merasakan sentuhan pengajar-pengajar berkualitas.

Promosi, kata dia, dilakukan terhadap guru untuk men­jadi wakil kepala sekolah, wakil kepala sekolah dipro­mosikan menjadi kepala se­kolah, dan kepala sekolah dipromosikan menjadi peng­awas.

”Yang pertama yang akan kita lakukan adalah rotasi kepala sekolah. Artinya ke­pala sekolah nantinya pro­mosi. Kan promosi itu dari kepala sekolah yang terbaik,” ujar Iwa.

Selain itu, rotasi tersebut kemungkinan bukan di seko­lah bersangkutan, tapi di se­kolah yang agak jauh. Se­hingga, dia membawa misi untuk memperbaiki.

Tahap kedua, kata dia, ada­lah rotasi promosi wakil ke­pala sekolah menjadi kepala sekolah dan guru terbaik menjadi wakil kepala sekolah. Promosi dilakukan dengan rotasi ke sekolah yang mem­butuhkan peningkatan kua­litas pendidikan.

”Dengan cara demikian, dilakukan secara bertahap, pemerataan guru berkualitas dapat dilaksanakan. Tawaran­nya adalah promosi. Kemu­dian mendapat tunjangan. Tunjangan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah kan do­bel ya,” paparnya.

Iwa menuturkan pihaknya sudah memulai proses terse­but, dengan menyiapkan pola karir para pengajar ini. Pola karir untuk guru ini sudah disiapkan dan rencananya bulan ini peraturan gubernur yang mengaturnya sudah se­lesai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan