Seskoau Berkomitmen Cetak Pemimpin Bangsa yang Berkualitas

NGAMPRAH – Sejak berdiri pada 56 tahun silam, Seskoau (Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara) telah banyak melahirkan kader- kader pemimpin yang berkualitas, baik dari segi kecakapan intelektual dan keahlian teknis, maupun dari segi keunggulan mental kepribadian dan jiwa luhur.

Hal ini sesuai dengan moto Seskoau yakni “Pragnya Paramartha Jaya” yang memiliki makna dengan ilmu pengetahuan dan budi luhur menjadi modal yang paling berharga untuk meraih kemenangan. Hal itu diungkapkan Komandan Seskoau Marsda TNI Donny Ernawan, T., M.D.S. saat membacakan amanat Kasau dalam rangka upacara Hari Ulang Tahun ke-57 di Lapangan Apel Widya Ambara Kampus Seskoau Lembang, baru-baru ini.

“Tinta sejarah telah mencatat bahwa Seskoau telah meluluskan sebanyak 5.461 alumnus yang terdiri dari 4.935 orang lulusan pendidikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) dan 526 orang lulusan pendidikan Sekolah Staf Angkatan Udara (Sesau),” tuturnya. Mengamati dinamika perkembangan lingkungan strategis, dampak dari Revolusi Industri 4.0 sebagai suatu era transformasi digital, kini telah bisa dirasakan, termasuk dalam kehidupan kedinasan sebagai prajurit TNI Angkatan Udara.

Fenomena internet of things hingga artificial intelligence telah menjadi warna peradaban modern, yang membawa pengaruh pada “teknologi disruptif” yang menjadi semakin cepat. Konsekuensinya, mereka yang tidak “adaptif” dengan perubahan, akan tertinggal dan tergerus oleh perubahan zaman.

“Untuk itu, sungguh merupakan sebuah ungkapan yang tepat jika kita memberi label kepada lembaga Seskoau ini sebagai The Center of Indonesian Air Force Excellence. Hal ini menunjukkan bahwa Seskoau memiliki kedudukan yang strategis sebagai role model pendidikan pengembangan umum serta pengembangan kajian dan doktrin strategis di TNI Angkatan Udara,” jelasnya.

Selain Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya M.T (Han) hadir dalam upacara tersebut pejabat TNI/Polri Jabar, Wadan Sesko TNI , Forkuminda KBB dan undangan lainya. Bebagai kegiatan menyambut HUT ke-56 juga di gelar seperti karya bakti, bakti sosial dan berbagai kejuaraan karate, menembak, aeromodelling, drone race serta fun trail adventure, fun run maupun panggung hiburan rakyat. Usai upacara Danseskau dan para pejabat mengikuti acara syukuran dan pemotongan tumpeng diberikan kepada prajurit senior yang sebentar lagi memasuki masa pensiun dan prajurit termuda. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan