Serapan Anggaran Pemkab Sudah Baik

SOREANG – Untuk 2018 penyerapan APBD Kabupaten Bandung mencapai 97 persen. Jumlah ini, diklaim lebih baik jika dibandingkan pada tahun sebelumnnya.

Menanggapi ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung Yayat Hidayat mengatakan, selama melaksanakan pembangunan, DPRD telah melakukan tugas dan fungsi­nya dengan melakukan peng­awasan terhadap pelaksana pembangunan.

Namun, tidak terserapnya anggaran tersebut, terjadi karena beberapa faktor. Se­hingga, pelaksanaan sulit dilakukan.

” Mereka (Dinas, red) bukan tidak mengerjakan tapi ka­rena ada hal hal karena ber­bagai faktor, karena alam, teknis dan perubahan regu­lasi,” jelas Yayat ketika ditemui di ruang kerjanya kemarin. (7/1).

Kendati begitu, ketika dita­nya dinas mana saja yang tidak melakukan penyerapan 100 persen, Dia membeberkan bahwa dinas pertanian belum bisa melakukan penyerapan 100 persen. Hal ini, disebab­kan program yang sudah di­rencanakan terkendala oleh bencana banjir.

’’Jadi di beberapa wilayah kena banjir jadi sulit untuk dilaksanakan akhirnya ang­garan tidak bisa terserap, namun di wilayah yang aman dari bencana maka target dan programnya tercapai,’’kata dia.

Ketika ditanyakan berapa nilai anggaran yang tidak ter­serap Yayat enggan membe­rikan dengan alasan harus melihat datanya secara langs­ung sehingga harus jelas angka nya.

” Kan kalau tidak jelas me­nyebutkan angkanya maka akan bahaya,” ujarnya.

Terkait sisa anggaran terse­but, lanjut dia nantinya akan harus di kembalikan, dan akan menjadi Sisa Lebih Pengguna Anggaran (Silpa), sehingga bisa dimasukan untuk program tahun 2019.

’’Program yang belum ter­serap maka harus dilanjutkan di tahun berikutnya dan dewan akan terus mendorong ter­laksananya program-program pembangunan disetiap dinas,’’ pungkasnya (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan